Hard News

Sambut Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II, Bawaslu Kota Semarang Sampaikan Kesiapan Pemilu

Sosial dan Politik

25 Agustus 2023 10:01 WIB

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang menyampaikan kesiapan pengawasan penyelenggaraan pemilu 2024 dalam kunjungan kerja spesifik Komisi II DPR RI di Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, Kamis (24/08/2023).

SEMARANG, solotrust.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang menyampaikan kesiapan pengawasan penyelenggaraan pemilu 2024 dalam kunjungan kerja spesifik Komisi II DPR RI di Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, Kamis (24/08/2023).
 
Kunjungan kerja ini merupakan agenda khusus Komisi II DPR RI dalam rangka kesiapan pemilu 2024 di Kota Semarang. Hadir dalam kegiatan, di antaranya ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, wakil ketua dan anggota Komisi II DPR RI, asisten sekda, ketua Bawaslu dan KPU Provinsi Jawa Tengah, serta ketua Bawaslu dan KPU Kota Semarang.
 
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa mengapresiasi kerja kesigapan jajaran Bawaslu, KPU, dan dinas terkait pemilu di Kota Semarang. Pihaknya menjelaskan dalam melaksanakan tahapan pemilu harus dijalankan sesuai porsi dan kapasitas masing masing lembaga.
 
“Melaksanakan tahapan secara proporsional menjadi hal yang mutlak dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu agar tepat sasaran,” tegas Saan Mustopa.
 
Dalam paparannya, Ketua Bawaslu Kota Semarang, Arief Rahman, menjelaskan pihaknya telah melakukan pengawasan terhadap sejumlah tahapan penyelenggaraan pemilu. 
 
Tahapan itu di antaranya Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik; Penataan dan Penetapan Daerah Pemilihan DPRD Kabupaten/Kota; Pemutakhiran Data Pemilih dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara serta Daftar Pemilih Tetap; dan Pencalonan Anggota DPD dan Calon Anggota DPRD Kota Semarang.
 
Lebih lanjut, Arief Rahman mengatakan, koordinasi antara Bawaslu Kota Semarang dengan pemerintah Kota Semarang sudah dilakukan secara berkesinambungan. 
 
Terdapat beberapa dukungan sarana prasarana dan sumberdaya manusia (SDM) untuk menunjang kerja pengawasan di tingkat panwaslu kecamatan dan panwaslu kelurahan.
 
Adapun saat ini tengah berlangsung pengawasan terhadap tahapan pengumuman daftar calon sementara (DCS). Pihaknya melakukan publikasi secara luas dan membuka posko aduan pada tiap kantor panwaslu kecamatan untuk menampung masukan serta tanggapan dari masyarakat hingga 28 Agustus 2023. 
 
"Nantinya apabila terdapat masukan dan tanggapan, Bawaslu Kota Semarang akan menyampaikan ke KPU Kota Semarang," tegas Arief Rahman.
 
Selain itu, ia menyebut beberapa upaya pencegahan melalui surat imbauan telah dikirimkan Bawaslu Kota Semarang kepada stakeholder sebanyak 58 surat imbauan, tersebar di berbagai tahapan yang telah berlangsung.
 
"Tahapan pemilu akan semakin kencang. Kami berharap sinergi tak henti serta saling berkomunikasi demi kelancaran pemilu 2024," harap Arief Rahman.
 
Pihaknya juga mengajak semua lini melalui pemerintah Kota Semarang untuk tidak berhenti menyuarakan netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan mengimbau seluruh warga melalui RT untuk menolak politik uang.

(and_)