Entertainment

3 Rekomendasi Film Mengangkat Tema Mental Health

Musik & Film

31 Agustus 2023 15:05 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/Frank_Reppold)

Solotrust.com - Mental health kini masih menjadi topik hangat di Indonesia, bahkan dunia. Kesadaran tentang kesehatan mental sangat penting untuk semua orang, terutama generasi z.

Tampaknya kesehatan mental ini memberikan inspirasi tersendiri bagi para pekerja kreatif dalam menghasilkan sebuah karya film. Banyak sutradara dan penulis naskah tergerak untuk mengangkat tema kesehatan mental.



Tak heran jika belakangan ini kita dapati sejumlah film mengangkat isu mental health untuk menyampaikan pesan kepada para penonton terkait kepedulian serta kesadaran pentingnya kesehatan mental.

Ketika suasana hati sedang kurang baik, cemas, atau pun stres, kalian bisa menikmati salah satu film tersebut untuk berbagi perasaan yang sama serta meringankan pikiran agar lebih fresh. Merangkum dari beberapa sumber, berikut rekomendasi film tentang kesehatan mental selengkapnya.

1. Kukira Kau Rumah

Kukira Kau Rumah merupakan film Tanah Air diadaptasi dari sebuah lagu berjudul Ku Kira Kau Rumah, dipopulerkan Amigdala dengan mengangkat isu kesehatan mental. Film ini menceritakan seorang gadis bernama Niskala (Prilly Latuconsina) yang menderita gangguan bipolar disorder.

Didiagnosis menderita penyakit bipolar sejak remaja membuat dirinya tak bisa menjalankan kehidupan normal seperti gadis seusianya. Kukira Kau Rumah memberikan banyak pelajaran tentang kesehatan mental, terutama untuk membantu beradaptasi dengan lingkungan.

Film ini dirilis pada 2022, dibintangi Prilly Latuconsina dan Jourdy Pranata serta disutradarai Umay Shahab.

2. World on Bathroom Walls

World on Bathroom Wallsdiadaptasi dari novel karya Julia Waton, mengangkat kisah seorang remaja bernama Adam (Charlie Plummer) yang mengidap penyakit skizofrenia. Film ini sangat menarik ditonton dengan tema mental illness.

World on Bathroom Wallsmenggambarkan betapa pentingnya dukungan orang-orang terdekat untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).  Film romantis asal Amerika Serikat ini dirilis pada 2020, disutradarai Thor Freudenthal.

3. Kim Ji Young Born 1982 (2019)

Kim Ji Young Born 1982diadaptasi dari novel karya Cho Nam-Joo. Film Korea Selatan ini mengangkat isu kesehatan mental. Kim Ji Young Born 1982 menceritakan kehidupan seorang ibu rumah tangga mengalami depresi.

Film ini menggambarkan kondisi kesehatan mental tidak terlihat, tak seperti kondisi kesehatan fisik. Pesan dalam Kim Ji Young Born 1982, masyarakat harus lebih sadar dampak budaya patriarki terhadap kesehatan mental, terutama seorang wanita.

Film ini dirilis pada 2019, disutradarai Kim Do Young.

(Suci Rahayu)

(and_)