Serba serbi

Skincare Dasar untuk Menjaga Skin Barrier yang Wajib Kamu Punya

Tips & Trik

7 September 2023 20:01 WIB

Ilustrasi (Foto: Pixabay/Content Pixie)

Solotrust.com - Kulit sehat memang dambaan setiap orang, bukan hanya untuk kaum wanita, namun saat ini pun kalangan pria juga merasa perlu menjaga kulit wajahnya agar tetap sehat.

Terlepas dari beauty privilege benar adanya, namun menjaga apa yang kita miliki termasuk bentuk self love. Kendati cantik tak mesti dinilai dari penampilan, namun juga harus diimbangi inner beauty berupa kecerdasan dan tingkah laku (beauty, brain, and behavior).



Banyaknya merek skincare beredar di pasaran, baik produk lokal maupun impor memberikan beragam pilihan untuk permasalahan kulit yang sedang kamu alami, baik kulit kering, berminyak, maupun kombinasi.

Berikut tahapan skincare dasar wajib kamu miliki, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cleanser dan pembersih wajah (face wash)

Membersihkan wajah adalah hal paling dasar untuk mengangkat kotoran akibat make-up dan debu selama beraktivitas. Penggunaan cleanser pada tahap pertama kemudian face wash pada tahap kedua untuk memberikan efek kulit lebih bersih.

2. Toner

Tonermerupakan bahan aktif dapat mengembalikan ph kulit dan membuatnya lebih segar dan relaks. Tuangkan toner pada kapas dan aplikasikan ke wajah sacara merata.

3. Serum

Serum merupakan bahan aktif bertekstur sangat ringan dengan kandungan konsentrasi tinggi dan partikel diformulasikan lebih kecil sehingga dapat masuk ke lapisan kulit terdalam.

4. Pelembap

Sesuai dengan namanya, pelembap berfungsi melembapkan dan menghidrasi kulit serta mengunci serangkaian skincare agar dapat bekerja lebih maksimal.

5. Sunscreen

Sunscreendigunakan saat ingin beraktivitas agar terhindar dari paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, penuaan dini, dan bintik hitam. Aplikasikan sunscreen setiap dua jam sekali dan jangan berlama-lama di bawah sinar matahari, meski sudah memakainya.

Kendati demikian perlu diperhatikan jenis kandungan skincare sesuai jenis dan permasalahan kulitmu ya.

Khusus untuk kulit kering, pilih produk dengan kandungan AHA BHA PHA, ceramide, aloe vera, vitamin E, vitamin C, dan teh hijau guna menggenerasi kulit lama dan kusam dengan kulit lebih sehat.

Sementara untuk kulit berminyak, pilihlah produk dengan kandungan niacinamide, dimethicone, salicilic acid, asam glikolat, retinol untuk menghambat minyak berlebih dan mengatasi jerawat. (Kholidah Kurniasari)

(and_)