Hard News

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Propam Polres Sukoharjo Tes Urine Dadakan

TNI / Polri

15 September 2023 16:05 WIB

Seksi Profesi dan Pengamanan (Si Propam) Polres Sukoharjo Polda Jateng menggelar tes urine dadakan kepada anggota Polres, Kamis (14/09/2023).

SUKOHARJO, solotrust.com - Seksi Profesi dan Pengamanan (Si Propam) Polres Sukoharjo Polda Jateng menggelar tes urine dadakan kepada anggota Polres setempat, Kamis (14/09/2023). Langkah ini dilakukan untuk memastikan personel Polres Sukoharjo tidak ada yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Kasi Propam Polres Sukoharjo AKP Siswanto mewakili Kapolres AKBP Sigit mengatakan pelaksanaan tes urine ini sebagai upaya pengawasan internal. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri maupun aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Polres Sukoharjo.



Setelah pelaksanaan apel pagi, sebanyak 16 personel Polres Sukoharjo dipilih secara acak untuk mengikuti tes urine. Adapun untuk mendukung operasi penegakan tata tertib dan disiplin (Gaktiblin) anggota, Propam Polres Sukoharjo bekerja sama dengan Sidokkes dan Satnarkoba Polres Sukoharjo.

AKP Siswanto mengungkapkan, hasil pemeriksaan tes urine secara dadakan menyatakan seluruhnya negatif dari narkoba.

Alhamdulillah dari hasil pengecekan didapati bahwa 16 anggota yang dipilih secara acak menunjukkan negatif narkoba,” ungkapnya.

Kasi Propam menjelaskan, tes urine dilakukan sebagai upaya pengawasan internal untuk mencapai anggota zero dari narkoba. Selain itu juga untuk mencegah pelanggaran personel dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan Gaktiblin ini merupakan kegiatan rutin karena sebelum mendisiplinkan masyarakat, maka kita wajib mendisiplinkan internal kami terlebih dahulu,” pungkasnya. (nas)

(and_)