Pend & Budaya

Donor Darah hingga Kirab Budaya Semarakkan Gombang Fair Boyolali

Pend & Budaya

25 September 2023 11:01 WIB

Warga Desa Gombang, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali ikut berpartisipasi dalam bakti sosial (Baksos) donor darah diadakan pemerintah desa setempat, Minggu (24/09/2023)

BOYOLALI, solotrust.com - Puluhan warga Desa Gombang, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali ikut berpartisipasi dalam bakti sosial (Baksos) donor darah diadakan pemerintah desa setempat, Minggu (24/09/2023).

Kepala Desa Gombang, Ahmadi Wahyu Wibowo mengatakan, baksos donor darah untuk menumbuhkan jiwa sosial kemanusiaan. Kegiatan ini bekerja sama dengan PMI Surakarta.



"Pada periode pertama targetnya 50 warga. Saat ini bersama Gombang Fair kami targetkan 60 warga. Baksos kemanusiaan digelar dalam rangka membantu sesama," katanya.

Selain donor darah, pemerintah Desa Gombang juga menggelar karnaval budaya dan Gombang Fair di lapangan desa setempat. Kegiatan ini diikuti seluruh dukuh atau RT. Dalam karnaval budaya, setiap RT menampilkan potensinya masing masing.

"Semua ikut mulai dari anak-anak, muda mudi, hingga orangtua kompak menghadirkan penampilan terbaik khas RT-nya masing-masing. Karnaval keliling kampung, acara ini digelar dari pagi hingga malam," terang Ahmadi Wahyu Wibowo.

Usai acara kirab budaya  dilanjutkan setiap RT mempersembahkan kreativitas pentas seni sesuai potensinya masing masing, mengingat Desa Gombang dikenal gudangnya kesenian dan budaya.

"Gombang bisa dibilang gudangnya kesenian budaya. Mau seni tradisional apa, semua ada di sini, mulai dari wayang kulit, jatilan, ketoprak, campursari, wayang orang, thek-thek, karawitan lesung hingga kesenian Islam, seperti hadrah dan qosidah pun ada," urai Ahmadi Wahyu Wibowo.

Acara Gombang Fair dihelat untuk menunjukkan kerukunan, saling menghargai, dan toleransi antarwarga. Selain itu juga untuk mengangkat sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Ini adalah bagian untuk mengangkat sektor UMKM warga karena dengan adanya Gombang Fair ini perputaran uangnya sangat besar," kata Ahmadi Wahyu Wibowo.

Sementara itu, ketua panitia Gombang Fair 2023, Guntur Firmansyah bilang, kegiatan ini untuk menggenjot sektor wisata alam. Nantinya juga akan merambah wisata edukasi kebudayaan. Gombang Fair rencananya digelar setiap tahun sekali.

"Gombang Fair ini untuk mewadahi kesenian yang sangat banyak. Selain itu, kami juga sisipkan bakti sosial berupa donor darah," pungkasnya. (jaka)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya