Hard News

RS Mangesti Rahayu Colomadu Hadir Melayani Kesehatan di Kabupaten Karanganyar

Jateng & DIY

23 Oktober 2023 22:17 WIB

Pemotongan pita oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono sebagai tanda peresmian Rumah Sakit Mangesti Rahayu di Desa Gawanan, Colomadu, Senin (23/10/2023)

KARANGANYAR, solotrust.com - Rumah Sakit (RS) Mangesti Rahayu hadir di Kabupaten Karanganyar dengan unit layanan kesehatan baru berlokasi di Gawanan, Colomadu. Rumah sakit dikelola PT Mangesti Rahayu Jati resmi beroperasi mulai Senin (23/10/2023). Peresmian dilakukan langsung Bupati Karanganyar Juliyatmono.
 
RS Mangesti Rahayu sebagai rumah sakit swasta tipe C memiliki tujuh poli yang siap melayani masyarakat di wilayah Kecamatan Colomadu dan sekitarnya. Adapun ketujuh poli itu, yakni poli penyakit dalam, poli anak, poli kandungan, poli gigi, poli bedah, poli syaraf, dan orthopedi.
 
Khusus untuk pasien rawat inap, rumah sakit inimenyediakan 103 tempat tidur. Usai peresmian, Direktur Utama PT Mangesti Rahayu Jati, Dwi Handoko, mengatakan kehadiran RS Mangesti Rahayu ikut berkontribusi terhadap layanan kesehatan masyarakat di wilayah Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya. 
 
"Kecamatan Colomadu ini merupakan pertemuan antarbatas beberapa kabupaten, antara lain Kabupaten Karanganyar, Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, dan Kabupaten Boyolali yang membutuhkan unit layanan kesehatan prima dan mumpuni untuk kesehatan masyarakat," ungkapnya. 
 
Dwi Handoko menambahkan, RS Mengesti Rahayu dibangun di atas lahan seluas 6700 meter persegi dengan nilai investasi sekira Rp10 miliar. Rumah sakit ini merupakan pengembangan dari klinik rawat inap yang sudah beroperasi sebelumnya. Dwi Handoko optimistis kehadiran RS Mangesti Rahayu bisa berkontribusi positif bagi peningkatan layanan kesehatan di Karanganyar.
 
Sementara itu, Direktur RS Mangesti Rahayu, Nita Andriana, mengungkapkan standar pelayanan di rumah sakit ini sudah sesuai ketentuan dengan para dokter profesional. 
 
"Standar pelayanan ada ruang IGD, poliklinik, rawat inap, instalasi bedah sentral, ponek, kamar bersalin, serta ICU, PICU, dan NICU," paparnya. 
 
Di tempat sama, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan pihaknya menyambut baik kehadiran RS Mangesti Rahayu di Colomadu yang akan membantu meningkatkan layanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Karanganyar.. 
 
"Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Karanganyar terus memberikan dukungan agar layanan kesehatan semakin baik, semakin optimal, memberikan yang terbaik untuk masyarakat," pungkas Juliyatmono. (joe) 

(and_)