Hard News

Solo Youth Fest 2023 Dorong Kreativitas Generasi Muda di Era Digitalisasi

Jateng & DIY

22 November 2023 12:01 WIB

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Solo menggelar Solo Youth Fest 2023 di pelataran kompleks balai kota setempat, Selasa dan Rabu (21-22/11/2023). (Foto: Dok. solotrust.com/Ratna Nur Ghoniah)

SOLO, solotrust.com - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Solo menggelar acara Solo Youth Fest 2023 di halaman depan kompleks balai kota setempat. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ini dihelat selama dua hari, Selasa dan Rabu (21-22/11/2023).

Acara Solo Youth Fest 2023 dibuka langsung Asisten Pemerintahan Kesra Sekda Kota Solo, Tamso. Festival kepemudaan ini mengusung tema “Kreativitas Generasi Muda Era Digitalisasi”, menggabungkan serangkaian kegiatan meliputi seni, budaya, serta kreativitas pemuda Kota Solo.



Adapun digelarnya Solo Youth Fest ini bertujuan memberikan ruang kepada para pemuda atau anggota organisasi kepemudaan setempat untuk menyalurkan bakat kreativitas melalui hasil karya mereka. Selain itu, acara ini sekaligus sebagai ajang promosi produk hasil karya dan berbagai kuliner tradisional.

Hal tersebut menjadi daya tarik dan juga kesempatan emas bagi para pengunjung untuk menikmati karya seni serta kerajinan tangan (handicraft) unik, termasuk kuliner yang menunjukkan kekayaan budaya Kota Solo.


Solo Youth Fest2023 juga menghadirkan hiburan musik, di antaranya band pelajar, Danar & The Blangkon, Krondjong Rajamala, dan Topik Sudirman. Di lain sisi terdapat pula sesi acara workshop skincare dengan tema “Bahaya Paparan Sinar Uv bagi Kulit Kita” dipandu Dr. Ndarumas Vany Karlina Ningsih. Workshop skincare ini bertujuan untuk mengedukasi para pengunjung mengenai pentingnya merawat dan menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu, ada pula talkshow motivasi “Pemuda Cerdas dalam Bermedsos” oleh Danar and The Blangkon membahas tentang bagaimana penggunaan media sosial secara bijak dan menjadi produktif untuk para pemuda.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Solo, Rini Kusumandari berharap gelaran Solo Youth Fest 2023 dapat meningkatkan wawasan generasi muda.

"Selain itu juga meningkatkan pengetahuan dan potensi anak muda untuk berkreativitas dan menjadi pelopor anak muda, sehingga menjadikan contoh bagi para pemuda lainnya,” harap dia.

*) Reporter: Ratna Nur Ghoniah

(and_)