Serba serbi

Rumah Atsiri Indonesia, Edukasi Tanaman Aromatik dengan Spot Instagramable

Wisata & Kuliner

24 November 2023 10:08 WIB

Suasana Rumah Atsiri Indonesia di Jalan Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: Dok. solotrust.com/Ratna Nur Ghoniah)

KARANGANYAR, solotrust.com – Rumah Atsiri Indonesia merupakan salah satu destinasi wisata berlokasi di Jalan Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Mengusung tema “wellness aromatic tourism”, tempat wisata ini memiliki luas lahan lima hektare.

Adapun dari luasan itu, sebanyak 2,3 hektare digunakan sebagai eduwisata, sedangkan sisanya difungsikan untuk lahan hasil tanaman bekerja sama dengan petani lokal.



Founder Rumah Atsiri Indonesia, Natasha Clairine, mengungkapkan proses pendirian tempat wisata ini berhubungan dengan sejarah Indonesia.


“Pada saat kami melakukan kunjungan di Tawangmangu, kami menjumpai pabrik terbengkalai dan memutuskan untuk menelusuri sejarahnya. Ternyata dulunya adalah pabrik Cittronella peninggalan Soekarno yang kemudian diakusisi menjadi Rumah Atsiri Indonesia,” ungkapnya kepada solotrust.com, Kamis (23/11/2023).

Sebagai tempat wisata, Rumah Atsiri Indonesia senantiasa terbuka bagi masyarakat umum. Adapun untuk dapat masuk ke tempat ini pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp50 ribu. Menariknya, dari tiket itu pengunjung akan diberikan voucher untuk makan dan minum, berbelanja di toko suvenir, atau fasilitas senilai dengan nominal yang sama.

Rumah Atsiri Indonesia dibangun untuk memperkenalkan dan mengedukasi tentang warisan industri minyak atsiri di Indonesia. Tempat ini dilengkapi berbagai fasilitas unik dan menarik pada setiap lokasi dari tiga bangunan yang ada. Masing-masing bangunan memiliki fungsi berbeda meliputi ruang workshop, taman koleksi tanaman atsiri, dan juga museum.


Bangunan dari Rumah Atsiri tidak banyak diubah demi mempertahankan sejarahnya. Sementara di tamannya sendiri terdapat sebanyak 90 dari 400 jenis tanaman, di antaranya ada rosemary, cengkih, serai wangi, dan cendana.

Destinasi wisata Rumah Atsiri Indonesia layak masuk dalam daftar wisata wajib dikunjungi. Pasalnya, selain dapat belajar mengenai tanaman atsiri, kita juga bisa menikmati setiap bangunan yang dapat dijadikan spot foto Instagramable dengan background unik serta pemandangan tanaman atsiri.

Lokasi Rumah Atsiri berada di dataran tinggi dan sejuk, sehingga pengunjung dipastikan akan merasa betah. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan Rumah Atsiri Indonesia.

*) Reporter: Ratna Nur Ghoniah

(and_)