Serba serbi

Wedang Ronde Khas Solo, Tak Cuma Enak, namun juga Menghangatkan

Wisata & Kuliner

13 Desember 2023 16:59 WIB

Kardino, seorang penjual wedang ronde di Alun-alun Kidul (Alkid) Solo sedang melayani pelanggan. (Foto: Dok. solotrust.com)

SOLO, solotrust.com - Halo sobat, udah mulai pergantian cuaca nih dari yang kemarin panas melulu ke agak adem karena mulai sering turun hujan. Nah, biar suhu tubuh tetap anget bisa nih minum wedang ronde yang rasanya dijamin endul banget.

Tahu nggak Sob, wedang ronde termasuk minuman tradisional yang masih eksis hingga kini. Kehangatan minuman bercita rasa jahe ini cocok diminum saat cuaca dingin maupun musim hujan.



Selain memberikan rasa hangat dan menyegarkan, wedang ronde juga menyehatkan tubuh. Minuman khas Jawa Tengah ini dibuat dari kuah jahe dengan isian ronde yang berbentuk bulat-bulat.

Nah, buat kalian yang saat ini lagi ada di Solo, nggak susah kok nemuin wedang ronde. Minuman legendaris ini selain dijajakan keliling kampung pakai gerobak, juga bisa dijumpai di pusat-pusat keramaian.

Salah satu tempat yang menawarkan wedang ronde, yakni Alun-alun Kidul (Alkid) Solo. Di sini kamu bisa menjumpai banyak penjual wedang nikmat ini.

Saat jalan-jalan di Alkid, solotrust.com sempat berbincang dengan Kardino, seorang penjual wedang ronde. Ia mengaku sudah sekira 14 tahun menjajakan dagangannya di Kota Solo, tepatnya pada 2009 silam.


Saat kondisi ramai, Kardino mampu meraup omzet hingga Rp500 ribu sehari, namun jika lagi sepi dirinya cuma bisa mengantongi Rp150 ribu hingga Rp200 ribu saja.

"Saya nggak menaikkan harga atau mengurangi porsi wedang ronde yang saya jual saat harga bahan-bahan naik," ungkap dia beberapa waktu lalu.

Kardino setiap harinya berjualan di Alun-alun Kidul mulai pukul 17.00 hingga 22.00 WIB. Seperti pedagang umumnya, pria paruh baya ini tak jarang juga menemui kendala dalam aktivitas usahanya.

Salah satu tantangan kerap kali dihadapi Kardiono, yakni saat musim hujan. Pada kondisi ini, diakuinya jumlah pembeli jadi turun alias sepi.

Terlepas dari itu, jika ngomongin soal harga, nggak usah khawatir Sob. Jajanan ini sangat ramah di kantong. Cuma ngeluarin uang Rp6000, kamu sudah bisa nikmatin seporsi wedang ronde disajikan dalam mangkuk kecil yang rasanya enak dan menghangatkan tubuh.

Nah Guys, jadi buat kalian yang pengin menghangatkan tubuh bisa nih cobain wedang ronde yang ada di Alun-alun Kidul Solo.

*) Reporter: Andira/Nola Febrianti/Widuri Salena Putri

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya