Ekonomi & Bisnis

Hobi Jadi Cuan! Mahasiswi Kreatif Ini Buka Usaha Sesuai Passion

Ekonomi & Bisnis

16 Februari 2024 09:47 WIB

Aulia Putri Cinta memajang produk kreasinya dalam acara Awali Fest 2024 di Balai Kota Solo beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Solotrust.com/Sabrina Dwi Cahya)

SOLO, solotrust.com - Awali Fest 2024 digelar di Balai Kota Solo, Sabtu (03/02/2024), berhasil menarik perhatian masyarakat. Acara melibatkan komunitas fotografi, komunitas crafterfashion designer, serta para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ini sukses mendapatkan respons positif warga.

Salah satu stand UMKM terlibat dalam bazar di festival ini menjual cendera mata eksklusif dan unik. Pasalnya, cendera mata ini merupakan kerajinan tangan berbentuk hand painting menawan dan memesona bagi pecinta seni.



Aulia Putri Cinta merupakan salah satu mahasiswi kreatif yang memiliki hobi melukis. Dirinya menekuni hobi seni lukis sembari mengasah kemampuan dan berhasil membuka usaha miliknya sendiri.


Berawal dari pandemi Covid-19, Aulia Putri Cinta menjual kaleng, tumbler, garpu-sendok, cangkir, dan set teko painting dilukis dengan cat premium yang aman untuk makanan, serta autentik. Sentuhan kreativitas ini menjadikan karyanya laku di pasaran online maupun offline.

Aulia Putri Cinta membanderol harga untuk setiap produknya mulai dari Rp15 ribu hingga Rp400 ribu. Hasil karyanya ini dipasarkan via story WhatsApp dan Instagram @nyentrik_Indonesia.

Meski siang itu antusias pembeli dirasa kurang memuaskan dan sepi pengunjung karena acara puncak awarding ada di Sabtu malam, hal tersebut tak lantas membuat Aulia merasa gelisah dan khawatir. Pasalnya, tujuan dirinya terlibat dalam bazar UMKM Awali Fest 2024 adalah untuk mem-branding produknya.

“Saya nggak nyari banyaknya yang dibeli, tapi nyari pasarannya aja, sekalian promosi kalau di sini ada produk seperti ini dan personal branding ke masyarakat kalau daerah Solo dan Jogja ada produk painting unik,” jelasnya pada solotrust.com.

*) Reporter: Sabrina Dwi Cahya

(and_)