Hard News

Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Alkatiri Meninggal Dunia, Ratusan Pelayat Ikut Salatkan Jenazah

Jateng & DIY

16 April 2024 15:30 WIB

Ratusan pelayat salatkan alm. Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Alkatiri

SOLO, solotrust.com - Wakil Ketua DPRD Jateng, Quatly Alkatiri meninggal dunia karena sakit pada Senin (15/4/2024) pukul 12.30 WIB di RSUD Dr Moewardi, Solo. Ratusan pelayat salatkan Quatly dan antar ke peristirahatan terakhir pada Selasa (16/4/2024).
 
Upacara pelepasan digelar di rumah duka Jalan Wiropaten, Pasar Kliwon, Solo. Sejumlah karangan bunga berjajar di sekitaran kediamannya termasuk dari 
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. 
 
Jenazah disalatkan di Masjid Jami' Assegaf pada Selasa siang. Dari pantauan Solotrust.com, ratusan pelayat ikut menyalatkan jenazah sebelum diberangkatkan ke peristirahatan terakhir. 
 
Sejumlah pejabat seperti Ketua DPRD Jateng Sumanto, Sekretaris Daerah Jateng Sumarno, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, serta sejumlah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari Jateng dan Solo nampak hadir. 
 
Setelah disalatkan, jenazah lantas dibawa ke Pemakaman Klumprit, Mojolaban, Sukoharjo untuk dikebumikan. 
 
 
Profil Quatly Alkatiri
 
Quatly Abdulkadir Alkatiri merupakan Wakil Ketua DPRD Jateng dari PKS. Dirinya menduduki kursi DPRD Jateng melalui dapil VII yang meliputi Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta. 
 
Quatly tercatat pernah menjabat sebagai Ketua DPD PKS Kota Surakarta periode 2002-2006. Selain itu, almarhum juga pernah tiga periode menjadi anggota DPRD Surakarta pada 2004 hingga 2019.
 
Dirinya pun mencalonkan diri melalui Partai Keadilan Sejahtera dalam kontestasi Pemilu 2024 di daerah pemilihan (dapil) VII dan memperoleh 83.681 suara. 
 
Ketua DPRD Jawa Tengah Sumanto mengungkapkan sosok Quatly adalah kolega yang sederhana, disiplin, dan getol memperjuangkan aspirasi masyarakat. Quatly tanggap terhadap keluhan-keluhan masyarakat dan selalu memberikan solusi.
 
"Beliau adalah sosok senior yang bertanggung jawab dan ngemong ke sesama rekan di DPRD Jawa Tengah. Selalu memberikan petuah dan nasihat yang bermanfaat," ujar Sumanto dalam pidato upacara pelepasan. 
 
Setali tiga uang, Sekda Jateng Sumarno mengungkapkan sosok religius dan jenaka yang membuat komunikasi antara DPRD dan Pemprov Jateng begitu mudah. 
 
"Beliaukan menjadi anggota dewan dengan background agama yang kuat. Selama ini kerjasama juga baik, diskusi diskusi juga Alhamdulillah berjalan dengan baik komunikasi kita dengan teman-teman DPRD," ujar Sumarno. 
 
"Pak Quatly ini salah satu sosok yang membuat komunikasi lebih cair, beliau ini luar biasa. Kepedulian Pak Quatly begitu luar biasa terhadap masyarakat di Jawa Tengah jadi kontribusinya luar biasa" imbuhnya. (add)

(Wd)