Hard News

Lomba Kesatuan Gerak PKK Nasional, Kelurahan Pucangsawit Wakili Jateng

Jateng & DIY

17 April 2018 16:48 WIB

Kelurahan Pucangsawit (solotrust-vin)

SOLO, solotrust.com – Perjuangan Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres kini berbuah manis. Pasalnya, mereka terpilih mewakili Jawa Tengah (Jateng) dalam lomba kesatuan gerak PKK Keluarga Berencana Kesehatan (PKK KB K) di tingkat nasional.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Surakarta, Ariani Indiastuti mengatakan, Kelurahan Pucangsawit berhasil lolos dan menjadi juara di tingkat Provinsi Jawa Tengah.



Dengan perolehan itu, kata Ariani, Pucangsawit berhak melenggang ke tingkat nasional. Dirinya pun menargetkan Kelurahan Pucangsawit mampu meraih juara 1 dalam ajang kali ini.

"Kita optimistis, karena Kota Solo pernah meraih juara pertama nasional pada ajang yang sama di tahun 2011. Saat itu Kelurahan Serengan yang mewakili Provinsi Jawa Tengah," kata Ariani, Selasa (17/4/2018).

Ariani menambahkan, tim penilai terdiri dari PKK pusat, BKKBN, dan Kementerian Kesehatan. Untuk itu, Kelurahan Pucangsawit telah melakukan berbagai persiapan jelang lomba tersebut.

Dikatakannya, Pucangsawit memiliki keunggulan dalam pengelolaan Kampung KB yang berwawasan kependudukan.

“Semua persiapan sudah kita lakukan, baik administrasi maupun fisik di lapangan. Tanggal 20 April nanti tim penilai akan datang ke Solo,” katanya.

Lebih lanjut, PKK KB K Kelurahan Pucangsawit telah melaksanakan beberapa program, seperti bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia. Ariani menjelaskan, bina keluarga remaja merupakan program yang dibuat untuk memfasilitasi remaja yang belum menikah untuk merencanakan pernikahan sejak dini.

"Jika Pucangsawit nanti menang, akan menjadi percontohan untuk kelurahan lainnya di Solo,” ucap Ariani. (vin)

(way)