Hard News

HMP Kimia Kovalen UNS Mengadakan Serangkaian Kegiatan Bagi Warga Desa Manyarejo

Jateng & DIY

14 Mei 2018 14:35 WIB

Bakti sosial Kovalen Care VI di Desa Manyarejo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Sabtu (12/5/ 2018).

SRAGEN, solotrust.com- Dalam rangka menumbuhkan jiwa kepedulian mahasiswa kepada masyarakat sekitar, mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program (HMP) Kimia Kovalen UNS mengadakan kegiatan bakti sosial Kovalen Care VI di Desa Manyarejo, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen, Sabtu (12/5/ 2018).

Baksos KovCare VI dilaksanakan dari pagi sampai sore dengan berbagai rangkaian kegiatan, yaitu bazar sembako dan alat mandi murah, bazar pakaian, pengobatan gratis, penyuluhan dan lomba TPA. Kegiatan yang sebagian besar terpusat di balai desa Manyarejo di ikuti oleh 107 panitia dan warga masyarakat setempat. Untuk lomba TPA sendiri dilaksanakan terpisah di Masjid Al Mu’min Sastro Diharjo Desa Manyarejo.



Warga setempat sangat antusias mengikuti kegiatan baksos KovCare VI ini. Pada pagi hari dilaksanakan Bazar sembako dan alat mandi murah, bazar ini ditujukan bagi warga yang kurang mampu. Warga yang telah mendapat kupon dapat membeli sembako dan alat murah dengan menunjukkan kupon dan membayar Rp 15 ribu. Selain itu ada juga bazar pakaian murah, warga bisa membeli pakaian layak pakai yang dijual mulai dari harga Rp 1.000 sampai Rp 10 ribu, terdapat juga pengobatan gratis, dalam pengobatan gratis ini warga mendapat fasilitas cek kesehatan dan obat secara gratis.

Pada siang harinya dilanjutkan kegiatan penyuluhan dan lomba TPA. Penyuluhan dengan judul “Aneka Olahan Singkong” diikuti sedikitnya 50 ibu – ibu PKK Desa Manyarejo. Dalam penyuluhan tersebut ibu – ibu PKK diberi pelatihan bagaimana membuat nastar dan gethuk goreng, berbahan dasar singkong. Pembicara yang menyampaikan materi penyuluhan dari dosen prodi pendidikan kimia sebanyak 6 orang. Di tempat lain, lomba TPA diadakan di Masjid yang diikuti oleh 42 anak – anak TPA. Ada 3 lomba yang dilaksanakan, yaitu mewarnai kaligrafi, tilawah bersambung dan LCC agama.

Pengurus HMP Kimia Kovalen, Susilo mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat sekitar.

“Dalam baksos KovCare VI ini harapannya kita sebagai mahasiswa dapat membantu di masyarakat dan memiliki rasa kepedulian kepada sesama,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Manyarejo, Warsini menyampaikan banyak terima kasih kepada mahasiswa UNS yang telah mengadakan kegiatan ini.

“Kami pihak desa mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah membantu warga desa kita dan mengapresiasi kegiatan ini, harapannya kegiatan ini dapat berlanjut kedepannya,” ucapnya.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya