Ekonomi & Bisnis

Menjelang Ramadan, Harga Telur dan Daging Ayam Ras Naik

Ekonomi & Bisnis

14 Mei 2018 19:09 WIB

Suasana pasar Legi Solo menjelang bulan Ramadan 2018. (solotrust.com/rum)

SOLO, solotrust.com - Sejumlah komoditas bahan pokok di pasar tradisional Solo mengalami kenaikan harga memasuki bulan Ramadan 2018. Salah seorang pedagang di Pasar Legi Solo, Sakiyem, mengatakan harga daging ayam ras naik sejak seminggu lalu. Harga daging ayam per- Senin (14/5/2018) di kisaran Rp 35 ribu, naik seminggu yang lalu dari harga Rp 33 ribu.

"Padahal pasokan biasa. Dengan harga tinggi saya mengurangi jumlah jualan. Biasanya 20 potong, sekarang hanya 15 atau 18 potong ayam karena mahal," ujarnya pada solotrust.com, Senin (14/5/2018).



Ia menambahkan, para pelanggan mengeluhkan kenaikan harga daging ayam tersebut dan berharap harga tidak naik lagi. Sakiyem sendiri merasakan permintaan menurun akibat naiknya harga ayam.

Pedagang lain, Maryani menjelaskan komoditas telur juga naik harga. Harga telur ayam ras menjadi Rp 24 ribu dari seminggu lalu di harga Rp 23 ribu.

"Pasokan lancar. Memang biasanya menjelang puasa harga naik karena permintaan naik. Banyak yang butuh untuk bahan kue," ujarnya.

Adapun harga minyak goreng normal di kisaran Rp 11,5 ribu untuk yang curah dan Rp 24 ribu untuk yang super.

Sedangkan pedagang lain, Widati mengaku untuk komoditas gula pasir tidak terpengaruh momentum bulan puasa. Harga gula pasir tetap stabil di kisaran Rp 12,5 ribu.

Sementara itu, menurut pedagang Sri Rahayu, harga bawang putih justru turun di angka Rp 20 ribu dari sebelumnya Rp 21 ribu.  Harga bawang merah stabil di kisaran Rp 25 ribu.

"Harga merica malah naik dari Rp 70 ribu menjadi Rp 75 ribu seminggu lalu. Harga miri juga naik dari Rp 32 ribu sekarang Rp 35 ribu," katanya.

Sedangkan harga beras menjelang bulan Ramadan normal dan pasokan lancar. Harga Rp 9.500 untuk beras medium dan Rp 12.500 untuk beras premium.

"Harga beras selama Ramadhan hingga Lebaran biasanya normal, tidak mengalami gejolak harga," terang Ali, pedagang beras di Pasar Legi.

Menurut pedagang cabai di Pasar Legi Solo, Mulyani, komoditas lombok rawit merah naik menjadi Rp 25 ribu dari harga awal Rp 20 ribu. Kenaikan ini terjadi dalam 2 - 3 hari ke belakang. Sedangkan harga cabai merah keriting Rp 25 ribu dari awalnya Rp 22 ribu. Dan harga cabai merah besar justru turun menjadi Rp 24 ribu dari sebelumnya Rp 25 ribu. (Rum)

(wd)