Entertainment

Kontingan Garuda di Lebanon Kehilangan Prajurit Terbaiknya

TNI / Polri

21 Juli 2018 08:08 WIB

(dok/Puspen TNI)

LEBANON, solotrust.com- Berita duka menyelimuti Kontingen Garuda United Nations Interim Forces In Lebanon (UNIFIL) yang sedang melaksanakan tugas misi sebagai pasukan pemelihara perdamaian dunia di Lebanon, Senin (16/7/2018).

Berita duka tersebut berasal dari personel Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Mekanis (Yonmek) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-L/UNIFIL Kopda Mar Ajat Wahyudin yang meninggal dunia karena diduga serangan jantung.



Melansir dari Puspen TNI, Saat peristiwa terjadi, Kopda Mar Ajat Wahyudin sempat dievakuasi dari OP5 UNP 7-1 menuju Husada Hospital menggunakan Ambulace. Saat tiba di Husada Hospital ia segera mendapatkan pertolongan pertama berupa resusitasi jantung dan paru oleh Lettu Ckm dr. Sherly.  

Melihat kondisi Kopda Mar Ajat Wahyudin yang semakin menurun, maka Kopda Mar Ajat Wahyudin segera dievakuasi menggunakan helikopter oleh Air Medical Evacuation Team (AMET) yang dipimpin Colonel Micalef dari Perancis menuju markas Indobatt UNP 7-1 dan segera dilakukan penanganan.

Namun upaya tersebut gagal, Kopda Mar Ajat Wahyudin akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Colonel Micalef dari AMET segera melaporkan kepada Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto bahwa Kopda Mar Ajat Wahyudin meninggal dunia pada pada 16 Juli 2018, sekitar pukul 19.25 waktu setempat. Selanjutnya jenazah dievakuasi ke rumah sakit Rafiq Hariri Beirut untuk dilaksanakan autopsi dan direncanakan jenazah disemayamkan di KBRI Beirut sebelum diterbangkan menuju Indonesia.

Almarhum Kopda Mar Ajat Wahyudin tergabung dalam Kompi Bantuan Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-L/UNIFIL pasukan pemelihara perdamaian dunia yang telah berada di Lebanon selama 7 bulan. Almarhum meninggalkan 1 orang isteri dan 2 orang anak.  

(wd)