Pend & Budaya

Dies Natalis ke-22, UKS Gelar Seminar Nasional di GBI Keluarga Allah

Pend & Budaya

25 Juli 2018 11:02 WIB

Suasana registrasi peserta seminar nasional yang digelar oleh UKS di GBI Keluarga Allah, Jalan Sutan Syahrir 88, Surakarta, Rabu (25/7/2018)

SOLO, solotrust.com - Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-22, Universitas Kristen Surakarta (UKS) menggelar Seminar Nasional di GBI Keluarga Allah, Jalan Sutan Syahrir 88 Surakarta, Rabu (25/7/2018) pagi.

"Acara ini diprakarsai Ikatan Alumni Universitas Kristen Surakarta Fakultas Teologi bekerja sama Pembimas Kristen Kanwil  Kemenag Provinai Jawa Tengah," jelas Rektor UKS, Mardanung Patmo Cahjono kepada solotrust.com sebelum acara seminar nasional dimulai.



Mardanung menuturkan, tema yang diusung dalam seminar nasional ini tentang 'Deradikalisasi Agama Melalui Pendidikan Agama. Telaah Kritis Konten Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Dengan Nilai-Nilai Kedamaian, Cinta Kasih dan Pluralis'.

Mardanung menyampaikan dalam seminar nasional kali ini, pihaknya menghadirkan tiga narasumber, yang pertama ialah Dirjen Pembimas Kristen Prof. Dr. Thomas Pentury, M.si.

"Nanti pak Dirjen akan membahas kontektualisasi peran guru dan kurikulum pendidikan agama kristen yang mendangkal," ujarnya.

Selain itu, ada Dir. Intelkam Polda Jawa Tengah AKBP Bambang yang membahas mengenai bahaya radikalisme dan terorisme dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara.

Narasumber ketiga atau yang terakhir adalah tokoh agama, Pendeta Dr. Wahyu Nugroho, S.si, MA yang membahas bagaimana cara membangun teologi inklusif dan dialogis sebagai upaya mengembangkan solidaritas umat beragama di Indonesia.

Sementara itu, untuk peserta, Mardanung menambahkan seminar nasional ini diikuti lebih dari 500 peserta, terdiri dari guru pendidikan agama kristen SD, SMP, SMA/SMK se-Jawa Tengah, tokoh keagamaan diwakili oleh utusan dari gereja sekitar dan dosen serta mahasiswa dari perguruan tinggi kristen di Surakarta. (adr)

(wd)