Hard News

Tak Masuk Formasi, Rudy Tetap Upayakan Seniman Wayang Orang Sriwedari Jadi PNS

Jateng & DIY

20 September 2018 10:32 WIB

Ilustrasi.

SOLO, solotrust.com- Melalui surat permohonan, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo bakal mendesak pemerintah pusat agar mengangkat sebanyak 85 seniman Wayang Orang Sriwedari untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Rudy mengaku telah mengirimkan surat permohonan pengangkatan tersebut kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).



"Hari ini kita kirimkan surat permohonan itu, untuk seniman wayang orang harus ada perhatian khusus," kata Rudy kepada wartawan di Balai Kota Rabu (19/9/2018)

Bagi dia, para pegiat seni Wayang Orang Sriwedari layak diberikan apresiasi atas sumbangsihnya menjaga budaya tetap lestari hingga kini.

"Mereka kan melestarikan seni budaya wayang orang, mereka setiap pentas bedakan tebal, menggunakan busana-busana pewayangan, selesai pentas jam 12 malam mandi, hanya untuk melestarikan itu, jadi mohon diperhatikan betul," tukasnya.

Wali Kota berharap surat permohonan yang disampaikan tersebut bisa mendorong Kemen PAN-RB untuk menghantarkan seniman Wayang Orang Sriwedari menjadi PNS.

"Kalau seumpama usia yang sudah tidak masuk bisa dijadikan tenaga kerja pemerintah yang ada undang-undangnya, namun yang usia sebelum 35 mohon bisa diprioritaskan. Mereka kan melestarikan identitas bangsa," tandasnya.

Sebelumnya, pegawai Wayang Orang Sriwedari terpaksa mengubur dalam-dalam harapannya menjadi PNS lantaran formasi khusus yang diajukan Pemkot tidak dikabulkan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Tidak ada formasi untuk seniman wayang orang,” katanya Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Surakarta, Rakhmat Sutomo. (adr)

(wd)