Ekonomi & Bisnis

Rapimnas Kadin Dimeriahkan Batik Vaganza dan Kirab

Ekonomi & Bisnis

27 November 2018 09:57 WIB

Expo Batik Vaganza di Hotel Alila Solo. (solotrust.com/rum)

SOLO, solotrust.com - Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2018 digelar di Kota Solo selama 3 hari, Senin - Rabu, 26 - 28 November 2018 di Hotel Alila, ja, 09.00 - 21.00 WIB.

Ketua Kadin Solo, Gareng S. Haryanto mengatakan Rapimnas akan dimeriahkan serangkaian gelaran pendukung, yaitu pameran Expo Batik Vaganza di Hotel Alila Solo dan kirab budaya di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo.



Hal itu sejalan dengan tema yang diusung di Rapimnas Kadin, “Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan”.

"Pameran ini menampilkan berbagai kreasi batik terkini dari berbagai daerah di Indonesia," ujar Gareng saat jumpa pers di Hotel Alila, Solo, Senin (26/11/2018).

Sekitar 57 stand UKM binaan Kadin berpartisipasi dalam Expo Batik Vaganza, termasuk produsen tekstil industri besar.

Beberapa peserta pameran antara lain PT Sritex, Batik Danar Hadi, Batik Semar, Batik Riana Kesuma, Batik Mayaratna, Mustika Ratu dan lainnya.

Selain produk batik, berbagai komoditas produk UKM unggulan daerah juga ada, bahkan diantaranya ada yang sudah berorientasi ekspor.

"Batik Vaganza merupakan bentuk konsistensi komitmen Kadin untuk mengembangkan UMKM. Utamanya dalam hal ini batik sebagai warisan budaya yang bernilai tinggi," paparnya.

Untuk itulah, Kadin mengajak para pelaku terkait bersama-sama mendukung UMKM agar bisa terus maju. Dengan memberikan fasilitas permodalan, pelatihan SDM, dan akses pasar yang lebih besar.

Rapimnas Kadin juga akan diramaikan acara welcoming dinner yang dimeriahkan penyanyi kenamaan Katon Bagaskara dan kegiatan tur Kota Solo.

Sedangkan Kirab Budaya akan diadakan pada 27 November 2018 jam 14.30 - 17.30 WIB, usai pembukaan Rapimnas. Kirab mengambil rute dari stadion Sriwedari melewati Jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Solo. (Rum)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya