Hard News

Surabaya Rasa Tokyo, Ketika Bunga Tabebuya Mekar di Penghujung Kemarau

Hard News

29 November 2018 03:05 WIB

Salah satu potret tabebuya yang mekar di Kota Surabaya (Dok. Instagram @kus.andi).

Solotrust.com - Surabaya kian mempesona. Salah satu pemandangan indah yang menjadi kebanggaan kota tersebut adalah bunga tabebuya yang kini telah mekar.

Pemandangan bak di Negeri Sakura tersebut salah satunya diperlihatkan oleh warga Surabaya dalam akun Instagram @kus.andi, yang kemudian direpost walikota Surabaya Tri Risma Harini (27/11/2018).



"Sedari pagi (dengan sangat berat, bangun pagi) berburu bunga Tabebuya yang lagi cantik-cantiknya di penghujung musim kemarau di Surabaya. Sengaja berangkat pagi karena emang mumpung masih sepi dan kondisi bunga yang berjatuhan belum dibersihkan bikin tambah dramatis," tulis akun tersebut dengan mengunggah gambar mekarnya bunga Tabebuya yang ia ceritakan.

Tri Risma Harini diketahui mulai menanam pohon tatebuya tersebut di tahun 2010. Pohon dengan warna seperti putih dan merah muda tersebut bisa tumbuh dengan bagus dan membuat lingkungan semakin asri dan cantik.

"Surabaya rasa Tokyo ini ada di beberapa titik seperti frontage Ahmad Yani, raya Gubeng, Joyo Boyo deket KBS, Balai Kota, Mayjend Sungkono, itu sih setahuku, mungkin ada yang bisa nambahim hehehe..." tambah akun tersebut.

Warganet pun ramai berkomentar tentang keindahan tabebuya di Surabaya, seperti yang mereka tulis dalam kolom komentar repost @kus.andi di akun Ibu Risma, seperti:

"Hoalaah kembang iki ta seng tak tontok mrotoli nak trotoar ngarepe bambu runcing, jan apik tenan (Oh bunga ini ternyata yang saya lihat gugur di trotoar depan bambu runcing, benar-benar bagus)", tulis akun @ashimarunika_.

"Jadi pengen ke Surabaya liat Sakura jadinya," tulis akun @ta_salim.

"Beneran lho kemarin aku pulang kerja lewat frontage A Yani mbatin (berkata dalam hati) kok bagus ya bunganya kayak Sakura di Jepang," tulis @dianahmadawan439.

Tabebuya (Chrysotricha) adalah jenis tanaman yang seringkali orang kebanyakan menyebutnya sebagai sakura, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura.

Tebebuya memiliki kelebihan antara lain daunnya tidak mudah rontok, akarnya tidak merusak rumah maupun tembok walau berbatang keras dan disaat musim berbunga maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat.

Tabebuya merupakan pohon lindung yang ketika musim berbunga mampu menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak dan tidak putus sejak awal musim kemarau hingga menjelang musim hujan. (Lin)

(wd)