Hard News

KA Bandara Ditargetkan Selesai Maret 2019

Jateng & DIY

5 Desember 2018 20:07 WIB

ilustrasi.

SOLO, solotrust.com - Proyek pembangunan stasiun KA Bandara di Bandara Adi Soemarmo sudah selesai dikerjakan namun belum dapat beroperasi. Hal itu diungkap oleh Abdullah Usman, General Manager PT AP I Bandar Udara Adi Soemarmo pada wartawan, Selasa (4/12/2018).

Menurutnya, pengoperasionalan masih menunggu pengerjaan lintasan atau ril yang dilakukan oleh Balai Teknik Perkeretaapian. "Kalau untuk pembangunan stasiun di  Bandara sejauh ini sudah selesai 100 persen," ujarnya.



Menurutnya, saat ini stasiun dan kereta api yang akan digunakan sebenarnya sudah siap, namun menunggu penyelesian lintasan. Sembari menunggu, pihaknya akan melakukan pemeliharaan selama 5 bulan ke depan.

Terkait pembebasan lahan milik TNI AU yang da di kawasan Bandara, dianggap sudah selesai dan tidak ada masalah. Terlebih, proses pembangunan tiang pancang sudah mulai dikerjakan.

Kasubdit Prasarana Wilayah I, Ditjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan, Bram Hertasning menilai, progres pembangunan perlintasan KA Bandara, masih sesuai track. "Targetnya Mei tahun depan KA Bandara sudah dapat dioperasikan," tuturnya.

Proses pembebasan lahan ditargetkan selesai akhir tahun 2018 ini. Sedangkan Pembangunan fisik jalur yang digunakan ditargetkan selesai Maret 2019. (Rum)

(wd)