Ekonomi & Bisnis

Pertamina Bantah Hoaks Lingkaran Merah Pada Gas Pertanda Akan Meledak

Ekonomi & Bisnis

14 Desember 2018 08:14 WIB

Unit Manager Communication & CSR Jawa Tengah & DIY Pertamina Andar Titi Lestari.

SOLO, solotrust.com - Unit Manager Communication & CSR Jawa Tengah & DIY Pertamina Andar Titi Lestari mengungkap ada oknum tidak betanggungjawab yang menyebarkan Hoakssoal tabung gas elpiji.

Hoakstersebut menyatakan lingkaran merah pada tabung gas LPG merupakan standar SNI yang melambangkan benda mudah terbakar. Informasi palsu itu menyebut, "bila lingkaran merah berubah warna menjadi hitam berarti akan meledak".



"Tadi pagi ada yang menyebarkan Hoakstentang lingkaran merah itu," ujarnya pada solotrust.com, Kamis (13/12/2018).

Andar dengan tegas menyatakan bahwa Hoaksatau informasi palsu yang beredar tersebut tidak benar. Pihaknya langsung merespon dengan membuat infografis sekaligus memberi informasi ciri disfungsi tabung LPG yang benar.

Ciri-ciri disfungsi tabung LPG antara lain tercium bau LPG menyengat, terdapat bunga es pada titik kebocoran di tabung LPG, terdengar bunyi mendesis pada regulator, muncul gelembung udara dari titik kebocoran jika diusap dengan air sabun.

Andar mengimbau pembeli atau konsumen harus memastikan kondisi tabung masih baik, segel masih terkunci atau tertutup rapat, dan cek dengan masukan ke dalam air apakah ada gelembung udara atau tidak. Bila ada, bisa langsung ditukarkan kembali.

"Pastikan bahwa penempatan tabung itu harus aman, artinya jangan ditaruh di dalam rumah," tuturnya.

Tabung LPG sebaiknya ditaruh di luar rumah, agar jika ada bau, gas tersebut bisa langsung terurai diluar. Bila suara desisan terdengar makin keras, matikan segera kompor, lepas selangnya, dan tutup dengan karung atau kain basah.

"Terakhir, segera ke pangkalan LPG resmi atau agen resmi terdekat untuk di ganti," pungkasnya. (Rum)

(wd)