Hard News

Mider Praja, Rudy Resmikan Selter PKL Pajang dan Kerten

Jateng & DIY

21 Desember 2018 14:57 WIB

Wali Kota Surakarta saat meresmikan Selter PKL di Pajang, Jumat (21/12/2018).

SOLO, solotrust.com – Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo meresmikan sebanyak Selter baru pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Sido Mukti, Lapangan Jegon, Pajang, Laweyan, Jumat (21/12/2018). Ada sebanyak 24 Selter yang dibangun oleh Pemkot Surakarta.

Persesmian ditandai dengan pemotongan tumpeng penekanan tombol sirine dilakukan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo bersama Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo, Kepala Dinas Perdagangan Subagiyo dan Ketua Paguyuban PKL Selter Pajang, Harjanto Heri. Aneka macam kuliner disediakan di selter Pajang Rinonce, semisal tenongan, martabak, wedangan, aneka janganan (sayur), dawet, hingga jajanan kekinian seperti  sosis, telur gulung dan aneka kuliner lainnya.



Dalam sambutannya, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyamo berpesan kepada para PKL yang menempati Selter agar menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi yang menyebabkan tersumbatnya saluran air dan berdampak menimbulkan genangan-genangan air.

“Pedagang harus menjaga kebersihan selter agar memberikan rasa nyaman kepada para konsumen, sehingga dengan rasa nyaman tersebut diharapkan mampu meningkatkan jumlah konsumen, sehingga system lalu, laris dan laba ini dapat terwujud,” kata Rudy disela acara peresmian dalam agenda Mider Praja.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Subagiyo menambahkan sebanyak 24 selter tersebut bakal digunakan untuk 48 pedagang. Dirinya berharap selter tersebut dapat membantu warga Pajang untuk menikmati sajian kuliner Kota Solo dengan tempat yang nyaman dan lokasi berada di sekitar pemukiman warga.

"Nanti digunakannya bergantian, ada yang pagi sampai sore dan ada yang sore sampai pagi lagi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Selter PKL Pajang, Harjanto Heri mengapresiasi langkah pemerintah atas pembangunan selter di Kawasan tersebut. Menurutnya, hal ini sebagai wujud kepedulian Pemkot kepada masyarakat dan PKL di keluarahan Pajang.

“Sejak menempati Selter ini satu bulan lalu, omset pedagang lama naik hingga dua kali lipat, respon dari masyarakat juga rame, luar biasa, semoga kedepan bisa laku, laris dan laba” tutur Heri.

Selain selter di Pajang, Wali Kota juga meresmikan selter PKL baru yang berada di Jalan Moh. Husni Thamrin, Kerten. Selter kerten memiliki desain gazebo yang kekinian dan juga gerobak PKL yang berwarna merah muda. Kepala Bidang Pedagang Kaki Lima Dinas Perdagangan Kota Surakarta Didik Anggono menjelaskan desain selter yang berada di Kerten sengaja dibuat unik.

“Ini sebagai bentuk inovasi, dan penyesuaian tempat. Untuk gerobak PKL merupakan hasil dana CSR dari Pertamina dan untuk pembangunan Gazebo menggunakan dana APBD Kota,” sambung Didik. (adr)

(wd)