Hard News

Rudy Sebut Jokowi Kuasai Materi Debat Capres Putaran Kedua

Jateng & DIY

19 Februari 2019 10:34 WIB

Ketua DPC PDIP Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo.

SOLO, solotrust.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo menanggapi hasil debat calon presiden putaran kedua yang berlansgung pada Minggu (17/2/2019) malam. Bagi Rudy, Jokowi benar-benar menguasai jalannya debat.

Adapun dalam debat putaran kedua tema yang diangkat adalah mengenai infrastruktur, energi, pangan, sumber daya alam (SDA)  dan lingkungan hidup.



“Secara keseluruhan, Jokowi menguasai materi debat dari sesi ke sesi, dan dapat menjawab pertanyaan yang disampaikan, pak Jokowi jadi dirinya sendiri, namun juga masih banyak yang tertulis,” kata Rudy saat dijumpai wartawan di Balai Kota usai menonton acara debat.

Menurut Rudy, Reforma agraria menjadi salah satu aspek yang diunggulkan Jokowi melalui program penerbitan sertifikasi gratis dan distribusi lahan konsesi kepada masyarakat kecil, sebagai bagian dari pembangunan infrastruktur. Rudy menjelaskan, reforma agraria bukan pada hal merubah struktur organisasi, namun lebih kepada kebijakan yang berpihak kepada masyarakat.

“Yang mana dari dulu sampai dengan sekarang masyarakat yang telah mengelola tanah namun tanah yang dikelola belum berbadan hukum sekarang berbadan hukum, arah dan tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Seperti di kabupaten-kabupaten, masyarakat yang menempati tanah 1000 meter 800 meter yang belum mendapatkan sertifikat dengan adanya sertifikat dari pemerintah itu, bisa dijaminkan unutuk modal usaha, taraf kehidupan juga meningkat.” katanya.

Rudy menguraikan, sebagaimana tertuang dalam Pasal 33 ayat (3) UUD 1945 Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya  untuk kemakmuran rakyat.

“Tanah di seluruh Indonesia dikuasai negara sehingga tidak ada salahnya reforma agraria itu untuk memberikan hak-hak secara hukum bagi masyarakat, ini wujud pemerintah memberikan pelayanan dengan cepat dan mudah,” ujarnya. (adr)

(wd)