Ekonomi & Bisnis

Spesial untuk Wanita, Bukalapak Gelar Talkshow Manajemen Keuangan dan Kesehatan

Ekonomi & Bisnis

22 Februari 2019 03:07 WIB

Talkshow Financial Management dan Kesehatan.

JAKARTA, solotrust.com- Bukalapak bersama Bank Commonwealth melalui program WISE mengadakan roadshow kedua di 6 kota, Surabaya, Bekasi, Medan, Tangerang, Banjarmasin, dan Blitar pada 16 Februari 2019. Acara bertema “Financial Management & Kesehatan Perempuan” dihadiri Arresto Ario, Senior Vice President Business Transformation Advisor Bank Commonwealth, dr. Indra Yuliati, SpOG(K), dan 100 Srikandi Bukalapak.

Community Program Manager Bukalapak, Ian Agisti, menilai edukasi soal pengaturan keuangan dan pengelolaan gaya hidup sehat untuk para Srikandi Pelapak sangat penting. "Kami berharap berbagai pelatihan seperti ini dapat meningkatkan kapasitas diri mereka. Ke depan mereka dapat menjadi agent of change bagi para srikandi lain untuk aktif, produktif, serta pandai mengatur rumah tangga,” tuturnya.



Berdasar Survei Angkatan Kerja Nasional tahun 2016, jumlah total pekerja dari 17 sektor pekerjaan sebanyak 45,8 juta orang, terdiri dari 29,3 juta laki-laki dan 16,4 juta perempuan. Dari jumlah itu, 64% masih didominasi pria dalam 14 sektor pekerjaan. Program-program peningkatan kapasitas diri untuk perempuan seperti ini diharap dapat menurunkan gap antara laki-laki dan perempuan dan menghapus stigma kurangnya kompetensi pada perempuan.

Kegiatan Talk Show Financial Management & Kesehatan Srikandi Bukalapak ini diharap menjadi wadah silaturahmi antar anggota serta menambah pengetahuan dan rasa percaya diri. Sehingga pelapak Perempuan tidak hanya cermat dalam mengatur keuangan dan usaha online, namun juga selalu tampil dalam kondisi prima. Sejalan dengan slogan Srikandi Bukalapak, Keluarga Terurus Saldo Nambah Terus.

Head of Corporate Communication & Financial Inclusion Bank Commonwealth, Bayu Irawan, mengaku senang dapat berbagi pada para Srikandi Bukalapak mengenai pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi yang praktis dan mudah diterapkan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan pemberdayaan pengusaha perempuan Indonesia.

"Para pelapak, khususnya pelapak perempuan ini sangat istimewa. Mereka dituntut untuk dapat mengelola bisnis di saat bersamaan juga harus mengatur kebutuhan rumah tangga. Pengelolaan keuangan yang cerdas dan bijak ini tentu akan membuat kehidupan berumah tangga lebih harmonis dan bisnis lebih berkembang lagi,” paparnya.

WISE merupakan inisiatif Bank Commonwealth dalam meningkatkan literasi keuangan perempuan Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 3.600 wanita Indonesia telah mengikuti kelas WISE secara tatap muka dan lebih dari 4.700 orang telah mengunduh digital platform WISE App yang berisi informasi tentang tips keuangan dan berbisnis untuk mendukung literasi keuangan perempuan Indonesia.

Dalam kesempatan itu, dr. Indra Yuliati, SpOG(K) mengungkap pemahaman tentang kanker serviks saat ini masih tergolong rendah, gaya hidup tidak sehat menjadi pemicunya.

"Kami mendorong agar para perempuan secara rutin melakukan tes Inveksi Visual Asetat (IVA) serta melaksanakan pola hidup yang sehat, baik dan seimbang seperti pola makan, pola istirahat, kebersihan, dan olahraga agar badan selalu tampil prima,” terangnya. (Rum)

(wd)