Hard News

362 Ribu Pelanggan 900 VA Mampu di Solo Kena Penyederhaan Kelas Golongan Listrik

Jateng & DIY

15 November 2017 15:19 WIB

Manager Area PLN Area Surakarta Mundhakir (solotrust-arum)

SOLO, solotrust.com - Manager Area PLN Area Surakarta Mundhakir kepada solotrust.com mengatakan, saat ini pelanggan golongan 900 VA mampu di Solo sekitar 362 ribu. Mereka pun akan masuk dalam rencana penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi yang dicanangkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Di satu sisi Mundhakir memastikan, penyederhanaan tersebut tidak akan berpengaruh pada biaya listrik. Besaran tarif per Kwh pun tidak akan berubah.



"Penyederhanaan tidak akan berpengaruh pada biaya listrik masyarakat karena tidak dikenakan biaya apapun, dan besaran tarif per KWH tidak akan berubah. Penyederhanaan akan mempermudah bagi pelanggan dalam mempergunakan energi listrik," terangnya di sela acara Pisah Sambut Manager Area PT PLN (Persero) Area Surakarta.

Pihaknya memastikan penyederhanaan ini tidak berlaku bagi pelanggan rumah tangga penerima subsidi yaitu golongan 450 VA dan golongan 900 VA subsidi. Namun kata Mundhakir, teknis pengaturan penyederhanaan golongan tarif dan daya listrik secara detail masih dibahas oleh Kementerian ESDM dan PT PLN.

"Sampai saat ini kami belum mendapat petunjuk pelaksana (Juklak) resmi namun siap merealisasikan sesuai arahan. Bila sudah ada juklak, selanjutnya akan disosialisasikan kepada masyarakat," tutur Mundhakir.

Kementerian ESDM akan melakukan penyederhanaan kelas golongan listrik untuk pelanggan listrik 900 VA mampu, 1.300 VA, 2.200 VA, 3.500 VA sampai dengan 5.500 VA. Tujuannya agar lebih mempermudah dan yang terpenting listrik bisa diakses seluruh masyarakat secara merata.

 

(Arum-way)

(Redaksi Solotrust)