Pend & Budaya

Perpustakaan UNS Luncurkan Angkringan Pustaka

Pend & Budaya

27 Mei 2019 19:57 WIB

Kepala UPT Perpustakaan UNS, Muhammad Rohmadi potong pita launching Angkringan Pustaka.

SOLO, solotrust.com- UPT Perpustakaan UNS meluncurkan Angkringan Pustaka di Lobi Perpustakaan UNS, Senin (27/5/2019). Peluncuran Angkringan Pustaka ini sekaligus dalam rangka menyongsong Hari Kesaktian Pancasila, 1 Juli 2019.

Dalam peluncuran angkringan pustaka ini sekaligus akan didiskusikan mengenai Literasi Nasionalisme dan Pancasila. Setelah itu dilanjutkan berbuka bersama di Angkringan pustaka.



"Literasi Nasionalisme dan pancasila sangat diperlukan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan rasa memiliki negara Indonesia," jelas Kepala UPT Perpustakaan UNS, Muhammad Rohmadi.

Para mahasiswa sebagai caloN pemimpin masa depan dan agen perubahan harus paham dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila pancasila dan UUD 1945.

Tujuan diluncurkan Angkringan Pustaka ini menurut Rohmadi antara lain sebagai media berliterasi bersama Ratulisa (rajin menulis & membaca), sebagai media diskusi para pemustaka dengan pemustaka lintas fakulatas, sebagai media literasi pustakawan dengan pemustaka, sambil menikmati jajanan pasar dan buku, sebagai media ngobrol santai berbagai topik literasi yang aktual ala HIK (hidangan Istimewa Kampung), khasnya Solo, sebagai media sedekah buku dan makanan bagi para pustakawan, dosen, tendik , mahasiswa, dan masyarakat umum yang ingin bersedekah dan berbagi makanan setiap hari di angkringan pustaka.

Dengan demikian, angkringan puataka akan dapat menjadi media pengembangan literasi bagi civitas akademika UNS dan masyarakat umum.

"Pengembangan diskusi dan belajar berbasis Angkringan pustaka akan dapat dirasakan dalam diskusi yang berbingkai "Literasi Angkringan Pustaka" setiap bulan dengan topik yang beraneka ragam," jelas Muhammad Rohmadi.

Oleh karena itu, para mahasiswa dan dosen diharapkan proaktif berkomunikasi, berliterasi, berkolaborasi, dan beraksi bersama para pustakawan UNS yang selalu memberikan layanan prima, sepenuh hati.

Dengan diluncurkannya angkringan pustaka di perpustakaan UNS, semoga dapat menambah semangat dan kreativitas para mahasiswa dan sivitas akademika untuk menguasai hardskill dan soft skill secara berimbang untuk menyongsong abad XXI dan Revolusi industri 4.0.

(wd)