Hard News

Isu Gunung Galunggung Meletus, Ini Penjelasan Kepala BNPB

Hard News

7 Desember 2017 10:30 WIB

Seorang polisi tengah mengendong nenek ke tempat aman saat benda-benda berterbangan di sekitar Gunung Galunggung. (dok. screenshot Twitter @Sutopo_BNPB)

TASIKMALAYA, solotrust.com – Rabu (6/12/2017) masyarakat di sekitar Gunung Galunggung, Tasikmalaya dihebohkan dengan benda-benda yang berterbangan. Bahkan beredar isu yang menyebut bahwa terjadi hujan batu, hingga terjadi letusan.

Namun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera memberikan pernyataan. Melalui Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan bahwa fenomena yang terjadi di Gunung Galunggung murni dari kondisi cuaca. Sutopo menegaskan, tidak terjadi hujan batu bahkan letusan.



Isu yang mengatakan Gunung Galunggung meletus disertai hujan batu adalah HOAX (TIDAK BENAR),” tulis Sutopo, Rabu (6/12/2017) malam.

Sutopo menjelaskan, fenomena tersebut disebabkan angin kencang dari awan Cumulonimbus. Hingga akhirnya menyebebkan benda-benda berterbangan.

Gunung Galunggung di Tasikmalaya tetap status Normal. Tidak meletus. Tidak ada hujan batu. Benda-benda yang beterbangan karena tertiup angin kencang/puting beliung di lereng gunung. Kumpulan awan Cumulonimbus menyebabkan angin kencang sebelum hujan. Waspadalah saat mendung,” katanya.

 

(way)