Senin , 30 November 2020

Erupsi Gunung Merapi Akan Terjadi Dalam Waktu Dekat?

26 Oktober 2020 14:18 WIB


Petugas tengah memantau aktivitas Gunung Merapi.

YOGYAKARTA, solotrust.com- Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida menyatakan bahwa erupsi Gunung Merapi akan terjadi dalam waktu dekat, namun tidak akan seperti erupsi tahun 2010, melainkan mirip dengan erupsi tahun 2016.

hal itu ia sampaikan dalam konferensi virtual memperingati 10 tahun erupsi besar Gunung Merapi, Senin (26/10/2020).



Dalam keterangannya Hanik mengatakan, bahwa erupsi Gunung Merapi ditandai dengan aktifitas vulkanik yang semakin intensif, gempa vulkanik dangkal sebanyak 6 kali per hari dan gempa multiface sebanyak 83 per hari. Selain itu deformasi melalui Electronic Distance Measurement (EDM) mencapai 2 sentimeter per hari.

“Saat ini aktivitas vulkanik semakin intensif, dengan kejadian gempa rata-rata gempa vulkanik dangkal itu sebanyak 6 kali perhari dan gempa multiface sebanyak 83 kali perhari, serta deformasi dari EDM mencapai 2 cm perhari.” Jelasnya.

Hanik menambahkan, status Gunung Merapi hingga hari ini masih dalam status waspada level dua, semua pihak diminta siap menghadapi krisis yang ditimbulkan Gunung Merapi di kemudian hari. (adam)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com