Sabtu , 24 Oktober 2020

Hari Ini Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali, Semburan Abu Mencapai 1.500 Meter

14 Agustus 2020 15:59 WIB


Gunung Sinabung erupsi. (dok. PVMBG)

 

SUMATERA, solotrust.com- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi pada Jumat (14/8/2020). Kali ini erupsi terjadi dua kali yaki pada  pukul 14.25 WIB dan 14.55 WIB.



Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui rilisnya menjelaskan, erupsi pertama Gunung Sinabung  menyemburkan  abu vulkanik setinggi 1.500 meter ke arah timur dan tenggara, dan erupsi kedua tidak teramati ketinggian semburan abu vulkanik, namun Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 90 mm dan durasi ± 1 menit 2 detik.

“Pkl. 14:25 WIB, telah terjadi erupsi G. Sinabung, dengan tinggi kolom abu vulkanik ± 1.500 m di atas puncak (± 3.960 m di atas permukaan laut).  

Pkl. 14:55 WIB telah terjadi erupsi G. Sinabung, namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 90 mm dan durasi ± 1 menit 2 detik.” Tulis PVMBG.

Atas peristiwa ini, PVMBG merekomendasikan agar  masyarakat dan pengunjung tidak melakukan aktivitas dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung. Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.



()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com