Serba serbi

Dari Setnov Hingga Raisa, Ini 10 Topik Yang Paling Banyak Diperbincangkan di Twitter Selama 2017

Serba serbi

9 Desember 2017 13:46 WIB

(dok gambar @twitter)

Solotrust.com –Tahun 2017 segera berakhir, tahun 2018 sudah di depan mata. Twitter, salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia merilis TOP 10 topik yang paling banyak dicuitkan di Indonesia selama setahun ini. Dilansir dari thejakartapost.com (7/12/2017), inilah 10 topik tersebut:

1.       Ramadhan



Ramadhan adalah topik yang paling banyak dicuitkan di twitter selama 2017. Selain tagar #Ramadhan, ada tagar-tagar lain terkait topik tersebut yang dicuitkan seperti #Puasa dan #Sahur. Jumlah cuitan terkait Ramadhan mendekati 118 juta.

2.       Pilkada

Dalam pilihan kepala daerah (pilkada) 2017, para kandidat banyak yang menggunakan platform daring twitter ini untuk menyuarakan visi dan juga programnya. Sekitar 11,2 juta cuitan telah dikirim via twitter dari 1 Januari hingga pilkada yang dilaksanakan tanggal 15 Febuari 2017.

3.       Hari Kemerdekaan Indonesia

Cuitan yang berkaitan dengan hari Kemerdekaan Indonesia ke 72 mencapai 1,1 juta post dari seluruh Indonesia. Pengguna twitter menyampaikan kritik, harapan, doa dan kebanggaan pada Indonesia yang telah merdeka selama 72 tahun.

4.       Pemilihan Gubernur Jakarta

Pemilihan gubernur Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Feburari 2017 menjadi salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di twitter. Tagar yang digunakan adalah seperti #PilkadaDKI #DKI1 #PilgubDKI dan #DebatPilkadaDKI.

5.       BTS Konser di Jakarta

Cuitah terkait boyband asal Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan (BTS) juga menjadi salah satu yang mendominasi twitter Indonesia tahun ini. Kebanyakan fans BTS yang berasal dari generasi milenial menggunakan platform ini untuk menyuarakan opini mereka terhadap acara ini. 

6.       Kasus Ahok

Kasus yang menimpa mantan gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga menjadi salah satu pembicaraan yang banyak didiskusikan di twitter tahun ini.

7.       Meninggalnya Kiper Choirul Huda

Meninggalnya pemain sepakbola Choirul Huda juga banyak didiskusikan di twitter. Kiper Persela Lamongan ini meninggal setelah mengalami cedera ketika bermain. Ungkapan bela sungkawa dari fans, pemain dan masyarakat umum membanjiri timeline twitter.

8.       Kasus Korupsi Setya Novanto

Kasus korupsi KTP elektronik yang menetapkan politisi Setya Novanto sebagai tersangka juga banyak menjadi perbincangan di twitter. Dengan kritis dan berani, banyak generasi muda yang menyuarakan opininya terhadap kasus tersebut melalui berbagai meme kreatif. Berbagai tagar dibuat seperti #ThePowerSetNov #SaveTiangListrik dan #IndonesiaMencariPapah.

9.       Pernikahan Raisa dan Hamish Daud

Diskusi yang dilakukan di pengguna twitter tentang pasangan ini sudah dimulai sejak Hamish Daud melamar Raisa di bulan Mei. Dan pada pernikahan mereka yakni di bulan September 2017, twitter kembali ramai dengan tagar #HariPatahHatiNasional.

10.   Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Pernikahan putri Presiden Joko Widodo menjadi satu dari 10 topik yang paling banyak diperbincangkan di twitter tahun ini. Menikah pada bulan November 2017, beberapa tagar seperti #JokowiMantu, #BobbyKahiyangWedding dan #KahiyangBobby mewarnai platform sosial media ini.

Ya, twitter adalah salah satu kanal sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia selain facebook dan instagram. Didirikan oleh Jack Dorsey pada 2006, twitter disebut juga “pesan singkat dari internet”. Per 2017, pengguna twitter di Indonesia sendiri sudah mencapai 328 juta.  (Lin)

(wd)