Ekonomi & Bisnis

Operasi Pasar di Solo, Mentan: Tak Ada Kelangkaan Bawang Putih

Ekonomi & Bisnis

14 Februari 2020 10:31 WIB

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menggelar operasi pasar (OP) di empat pasar tradisional Kota Solo, Kamis (13/02/2020)

SOLO, solotrust.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menggelar operasi pasar (OP) bawang putih, bawang merah, dan cabai di empat pasar tradisional Kota Solo, Kamis (13/02/2020). Empat pasar tradisional yang menjadi titik OP bawang putih, yakni Pasar Nusukan, Pasar Harjodaksino, Pasar Ledoksari, dan Pasar Gading.

"Tidak ada kelangkaan, yang ada kepanikan. Jadi suplier terkesan melambatkan penyediaan barang. Hal itu yang membuat seakan-akan langka," ujarnya.



Syahrul Yasin Limpo menekankan, OP bawang putih dilakukan untuk menekan harga bawang putih dan cabai yang sempat mengalami kenaikan tajam setelah merebaknya virus corona.

"Harga bawang putih di pasaran sudah terlalu tinggi dan kami harus bertindak. Salah satunya melalui OP ini. Normalnya harga bawang putih berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp40 ribu tiap kilogramnya. Lha ini sudah mencapai Rp80 ribu. Kalau dibiarkan bisa jadi masalah," tandasnya.

Di sisi lain, Syahrul Yasin Limpo memastikan stok komoditas tersebut masih aman sampai saat ini.

"Selain masih ada cadangan tahun lalu, petani bawang Indonesia juga masih memiliki pasokan hingga 50 ribu ton dari panen di akhir Februari," tukasnya. (awa)

(redaksi)

Berita Terkait

Berita Lainnya