Serba serbi

Kereta Uap Joko Kendil, Ikon Wisata Baru Wong Solo

Wisata & Kuliner

17 Februari 2020 09:34 WIB

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyerahkan lokomotif uap kuno, Joko Kendil kepada pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Minggu (16/02/2020)

SOLO, solotrust.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyerahkan lokomotif uap kuno, Joko Kendil kepada pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Minggu (16/02/2020). Upacara penyerahan dilakukan di depan Rumah Dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung.

Joko Kendil diserahkan kepada Pemkot Solo setelah menjalani restorasi di Balai Yasa Yogyakarta selama sembilan bulan terakhir. Kedatangan loko uap tipe D1410 diharapkan mampu menambah destinasi wisata baru di Kota Solo.



"Joko Kendil merupakan jenis kereta api uap D1410 yang digerakkan lokomotif atau loko uap. Kereta uap ini merupakan satu-satunya lokomotif tipe D14 yang masih ada di Indonesia. Direstorasi di Balai Yasa Yogyakarta selama sembilan bulan dari Februari hingga November 2019, terdiri atas sebuah lokomotif kuno berusia 124 tahun dan dua gerbong kayu," ujar Kepala PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Purwanto.

Pada masa kolonial, lokomotif uap bertipe D14 berasal dari dua pabrikan berbeda, yakni lokomotif D14 bernomor seri 01 sampai 12 pabrikan Hanomag, Jerman pada 1921 dan seri 13 sampai 24 buatan Belanda pada 1922. 

"Kami berharap dengan selesainya restorasi ini bisa menambah semarak wisatawan untuk berkunjung ke Solo," imbuhnya.

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo menambahkan, dengan kehadiran lokomotif uap D1410 melengkapi armada pariwisata Solo.

"Nantinya supaya bisa digunakan oleh masyarakat dan menambah kunjungan masyarakat, baik dari Kota Solo maupun luar kota untuk berwisata ke Solo," ujarnya. (awa)

(redaksi)