Sabtu , 4 April 2020

Begini Cara Sederhana Tangkal Corona Dengan Tepung Selaci Puput

16 Maret 2020 16:55 WIB


Ketua IDI cabang Sukoharjo, Dokter Iskandar (Tengah) dan Sekretaris IDI Sukoharjo Dokter Henny Puspitasari (kanan) saat melakukan dialog bersama Pemred TA Media Grup, di kantor Redaksi Solotrust.com, Senin (16/3/2020).


SOLO, solotrust.com- Merebaknya Covid-19 atau Virus Corona di Indonesia membuat semua pihak waspada. Hal tersebut terlihat dari upaya-upaya yang dilakukan masyarakat agar tidak tertular virus, dengan mengenakan masker atau menggunakan hand sanitizer.



Menyikapi ganasnya corona, ternyata ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan, yakni dengan tepung selaci puput.  Tepung selaci puput adalah metode cuci tangan dengan menggosok bagian telapak, punggung, sela-sela, mengunci dan putar-putar.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Sukoharjo, Dokter Iskandar saat melakukan dialog bersama Pemimpin Redaksi (Pemred) TA Media Grup, di kantor Redaksi Solotrust.com, Senin (16/3/2020).  

“Dengan menjaga perilaku cuci tangan dengan enam langkah, prinsipnya semua bisa kena, telapak tangan, punggung tangan, sela-sela, mengunci, kemudian putar-putar. Jadi dengan tepung selaci puput ya, telapak, punggung, sela-sela, mengunci, putar-putar.” Jelas dr Iskandar.

Selain itu dr Iskandar juga menyarankan kepada masyarakat yang sedang dalam kondisi sakit untuk mengenakan masker, hal ini dilakukan untuk mencegah virus menyebar atau menular ke orang lain.

“Masker kita gunakan kalau kita itu sedang sakit, atau kita sedang menjaga orang sakit ya itu (masker -red) kita pakai, meskipun kita sehat.” Tandasnya.

Dokter yang sehari-hari bertugas di Puskesmas Polokarto tersebut juga menekankan agar masyarakat untuk sementara waktu menghindari tempat kerumunan dan tidak bepergian jauh.

“Sementara hindari tempat-tempat kerumunan dan bepergian jauh.” Pungkasnya.  

Tonton video:  Langkah Awal Tangkal Corona Bersama IDI Sukoharjo

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com