Hard News

KALEIDOSKOP 2017: Mendagri Hingga Menteri Kelautan Ikuti Kirab I Sura di Pura Mangkunegaran

Jateng & DIY

21 Desember 2017 02:50 WIB

Salah satu pusaka Pura Mangkunegaran yang juga ikut dikirab di malam 1 Sura Pura Mangkunegaran, Rabu (20/9/2017).

SOLO, solotrust.com- MenterI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hingga Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat, mengikuti prosesi kirab peringatan malam 1 Suro Pura Mangkunegaran, Rabu (20/9/2017) malam.

Dalam peringatan tersebut, pihak Pura Mangkunegaran mengeluarkan sebanyak lima pusaka yang juga ikut dikirab. Kegiatan ini memang sudah menjadi agenda tahunan dan sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu, namun jangan salah, kekusyukan masih sanga terasa.



Salah satunya, saat kirab dimulai. Suasana yang tadinya riuh ramai, dengan sendirinya berubah menjadi hening dalam mengiringi prosesi kirab. Kirab sendiri, mengelilingi kawasan Pura Mangkunegaran.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, even ini menjadi salah satu upaya untuk mendatangkan wisatawan, baik lokal maupun internasional.

“Kota Solo boleh menjaid sebuah kota yang modern, namun jangan sampai meninggalkan tradisi kebudayaannya. Karena bagaimanpun juga, kebudayaan tersebut harus tetap dijaga dan dilestarian,” katanya.

Sementara itu kirab pusaka juga ternyata membuat kesan tersendiri bagi menteri Susi. Bgaimana tidak, ini merupakan pertama kalinya ia mengikuti kirab. Dalam kirab tersebut, ia tampak anggun. Mengenakan kebaya warna hitam dan rambut disanggul seolah menampilkan sosok putri Solo.

Bahkan, ketika mengikuti kirab, ia tampak berjalan tergesa-gesa. Ia berada di baris rombongan terdepan.

“Ini baru pertama kalinya, saya gak bisa berjalan pelan,” katanya.

Meski begitu, ia sangat terkesan dengan kebersamaan masyarakat Kota Solo.

“Kearifan lokal harus tetap kita jaga, terlebih lagi kebersamaan ini harus terus dupertahankan,” harapnya.  (kaleidoskop 2017/dit)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya