Ekonomi & Bisnis

Gandeng 4 Aplikasi Populer, Kemenkes Luncurkan Telemedicine Penanganan Covid-19

Ekonomi & Bisnis

25 Maret 2020 16:05 WIB

Kementerian Kesehatan menggandeng Gojek, Grab, Halodoc dan Good Doctor untuk Telemedicine Penanganan Covid-19 (Dok. Kementerian Kesehatan)

Solotrust.com - Di tengah pandemi global virus corona (Covid-19), kemudahan akses terhadap pelayanan kesehatan merupakan hal sangat penting bagi masyarakat. Inilah yang kemudian dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menyediakan layanan konsultasi kesehatan secara virtual bagi masyarakat sehingga bisa diakses di mana pun, kapan pun, dan siapa pun.

Untuk itu, Kementerian Kesehatan menggandeng empat unicorn, yakni Gojek, Halodoc, Grab, dan Good Doctor. Ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama pada Senin (23/03/2020). Dalam kesempatan ini, sebagaimana dilansir dari laman Kemenkes, Kementerian Kesehatan diwakili Sekretaris Jendral Oscar Primadi, Gojek diwakili Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Shinto Nugroho, Halodoc diwakili CEO Jonathan Sudarta, Grab Health diwakili Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Neneng Goenadi, dan Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana.



''Harapan kami dalam konteks ini agar bagaimana kita betul-betul memahamkan masyarakat agar komunikasi, informasi, dan edukasi dapat sampai ke semua level, semua lapisan masyarakat. Dengan adanya platform ini, komunikasi dan edukasi kita akan lebih sampai pada akar rumput,'' kata Sekjen Kemenkes, Oscar Primadi.

Menurut Oscar Primadi, kerjasama ini merupakan bentuk penguatan terhadap pedoman yang telah dikeluarkan pemerintah maupun berbagai informasi yang beredar di masyarakat. Selain itu, pemanfaatan teknologi ini sebagai solusi bagi masyarakat dalam menangani Covid-19.

''Goal-nya tidak ingin RS menumpuk, masyarakat kebingungan. Saya yakin dengan model informasi seperti ini akan mudah didapat, walaupun pedoman sudah kita berikan, tetapi informasi ini harus sampai lebih masif,'' tuturnya.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Gojek, Shinto Nugroho, mengatakan pihaknya siap mendukung langkah pemerintah dalam menghadapi Covid-19. Hadirnya layanan ini diharapkan bisa mengurangi beban rumah sakit dalam menangani kasus Covid-19.

''Hal utama yang akan kita lakukan untuk meringankan beban medical professionals kita. Kami menyadari bahwa masyarakat yang ingin memastikan dan memeriksakan dirinya, akan tetapi kapasitas RS kita, kapasitas medical kita ada batasnya. Inilah saatnya, kita bergandeng tangan untuk sama-sama mempergunakan telemedicine sebagai penapisan,'' terangnya. Lin

(redaksi)