Serba serbi

5 Tips Tetap Sehat dan Tidak Lemas Selama Berpuasa

Tips & Trik

02 Mei 2020 13:31 WIB

Ilustrasi (Google)

JAKARTA,solotrust.com - Menjalani ibadah puasa tidak makan dan minum selama lebih dari setengah hari, terkadang memang membuat kita merasa lemas dan cepat mengantuk. Ternyata ada berbagai trik bisa kita lakukan agar tetap segar dan sehat selama berpuasa lho

Dion Haryadi, seorang dokter sekaligus kreator aktif di TikTok memberikan beberapa tips di akun TikTok-nya yang mungkin bisa kita terapkan. Berikut lima tips dari dokter asal Batam ini.



 1. Lakukan kebiasaan baik

Bulan puasa adalah waktu yang tepat membangun kebiasaan baik dengan target jelas dan perencanaan matang. Contohnya, kurangi konsumsi minuman manis dimulai dengan menurunkan frekuensi minum manis jadi dua kali per pekan.

2. Jangan langsung berbuka puasa dengan makanan berat

Dengan menjalankan puasa, frekuensi makan kita otomatis akan berkurang, begitu pun kalori  yang masuk ke tubuh akan berkurang dan berat badan pun bisa turun. Sementara sering terjadi, saat berbuka, kita langsung makan berat dan banyak. Nah, dokter Dion menyarankan untuk cukup minum air putih dan buah tinggi serat dan gula seperti kurma untuk mengembalikan kadar gula darah.

3. Mengatur porsi makanan demi gizi seimbang

Usahakan mendapatkan gizi seimbang dan mengenyangkan. Caranya, bagi piring jadi enam bagian, dua bagian untuk karbohidrat, satu bagian untuk sumber protein seperti daging, ikan, ayam, dan lainnya; dua bagian untuk sayur-sayuran; dan satu bagian untuk buah-buahan.

4. Pilih menu sahur dengan glycemic index tidak terlalu tinggi

Saat sahur sebaiknya tidak makan menu dengan glycemic index atau kadar gula terlalu tinggi, sehingga saat berpuasa nanti penurunan kadar gulanya tidak menurun terlalu drastis. Caranya adalah menggabungkan makanan dengan glycemic index tinggi, seperti nasi putih dengan yang glycemic index rendah seperti daging dan sayuran.

5. Jangan mager!

Di tengah pandemi Covid-19, kita malah justru harus lebih memerhatikan aktivitas fisik, meskipun hanya berjalan-jalan di dalam rumah ataupun membersihkan kamar. Dokter Dion menyarankan waktu yang tepat untuk berolahraga adalah 30 menit sebelum buka puasa atau dua hingga tiga jam setelah berbuka dengan makanan berat. Tak perlu olahraga berat, cukup yang berintensitas rendah dan sesuai kemampuan.

(redaksi)