Hard News

Viral Jenazah ABK Indonesia Dilarung, KKP Fokus Soal Eksploitasi

Hukum dan Kriminal

7 Mei 2020 11:43 WIB

Potongan gambar dari video kru kapal nelayan Cina yang membuang jenazah ABK Indonesia ke laut.[YouTube MBCNEWS]


JAKARTA, solotrust.com- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo buka suara terkait video pelarungan jenazah Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal berbendera Tiongkok yang menjadi viral. Ia memastikan akan menindaklanjuti video viral yang menggambarkan detik-detik jenazah ABK Indonesia dibuang ke laut itu.



"Kita telah berkoordinasi. Termasuk mengenai dugaan adanya eksploitasi terhadap ABK kita (Indonesia)," kata Edhy Prabowo melalui keterangan pers, Kamis 7 Mei 2020.

Edhy menegaskan, pihaknya fokus pada dugaan ekspoitasi itu. Jika benar terdapat perlakuan tidak manusiawi terhadap ABK Indonesia, pihaknya akan menyampaikan laporan ke otoritas pengelolaan perikanan di laut lepas.

“KKP akan segera mengirimkan notifikasi ke RFMO (Regional Fisheries Management Organization) untuk kemungkinan perusahaan atau kapal mereka diberi sanksi,” ujarnya.

Ia menduga, perusahaan yang mengirimkan ABK Indonesia tersebut telah melakukan kegiatan yang sama beberapa kali. Perusahaan itu juga terdaftar sebagai authorized vessel di 2 RFMO yaitu Western and Central Pasific Fisheries Commision (WCPFC) dan Inter-American Tropical Tuna Commission (IATTC). Indonesia juga sudah mengantongi keanggotaan di WCPFC dan cooperating non-member di IATTC.

Adapun mengenai ABK yang selamat dan kini berada di Korea Selatan, Edhy memastikan akan menemui mereka. KKP juga akan meminta pertanggungjawaban perusahaan yang merekrut dan menempatkan mereka. Bentuk pertanggungjawaban tersebut antara lain, menjamin gaji dibayar sesuai kontrak kerja serta pemulangan ke Indonesia.

"Kami juga akan mengkaji dokumen-dokumen para ABK kita. Termasuk kontrak-kontrak yang sudah ditandatangani,” Edhy Prabowo memastikan.

Edhy menambahkan, pihaknya juga menaruh perhatian pada dugaan eksploitasi terhadap ABK Indonesia seperti dilaporkan media Korea, MBC News, kemarin. Laporan itu menyebut beberapa ABK mengakui tempat kerja mereka sangat tidak manusiawi. Mereka bekerja sehari selama 18 jam, bahkan salah satu ABK mengaku pernah berdiri selama 30 jam. Para ABK Indonesia juga dilaporkan diminta minum air laut yang difilterisasi.

Sebelumnya, viral video kesaksian beberapa ABK asal Indonesia yang mengaku mendapat perlakuan tak manusiawi di sebuah kapal Cina. Bahkan, dari video itu nampak seorang ABK asing melempar jenazah pekerja Indonesia yang telah meninggal ke laut. #teras.id

(wd)