Senin , 13 Juli 2020

Makna Desain Album Map of The Soul: 7

10 Mei 2020 14:02 WIB


Empat versi album "Map of the Soul: 7". (Sumber gambar: YouTube Wonhaed).


Solotrust.com - BTS terakhir merilis album "Map of the Soul: 7" pada Februari 2020, yang merupakan album Korea terlaris sepanjang sejarah. Album ini memiliki empat versi. Yim Hyun Su dari The Korea Herald beberapa waktu lalu melakukan wawancara dengan desainer album ini, yang hasilnya diunggah dalam laman beritanya (6/5/2020).



Desainer album ini adalah duo dan juga pasangan suami istri A Ji Hye dan suaminya Jang Joon Oh, yang menamakan dirinya Sparks Edition. Dalam wawancara itu, yang berlangsung di Seongbukgu, A Ji Hye mengatakan bahwa inspirasi terbesar dari desain ini adalah cerita dari anggota-anggota BTS dan 7 tahun yang mereka habiskan bersama. RM pun dalam berbagai wawancara juga mengatakan bahwa 7 menyimbolkan angka dari grupnya dan jumlah tahun yang telah mereka habiskan bersama.

Adanya lapisan (layering) dalam album itu dikatakan untuk menangkap esensi dari arti "7 bagi BTS. "Dengan tujuh anggota yang telah menghabiskan tujuh tahun bersama sebagai sebuah grup, kami ingin menggunakan lapisan untuk membuat '7', yang mewujudkan akumulasi dari shadow, persona dan cerita mereka," kata A Ji Hye.

Versi no.1 album ini terinspirasi dari swan (angsa), yang mewakili kerinduan untuk kesempurnaan serta kerentanan dan kepolosan. Versi no.2 terinspirasi dari black swan (angsa hitam), dengan tone warna lebih gelap dan menggunakan bentuk melengkung untuk mewakili shadow yang glamor dari grup itu.

Sementara Versi no.3 menampilkan garis-garis lurus, untuk memberi kesan kekuatan dan menggambarkan rasa tanggung jawab. Sedangkan versi no.4. menampilkan layer-layer yang dirangkai untuk merepresentasikan harmoni dan kesatuan, untuk mewakili ego dan identitas BTS.

Terkait kesulitan, Jang Joon Oh mengatakan layering tidak semudah yang mereka pikirkan, karena mereka hanya memiliki sudut sempit untuk bermain di dalam dan ada risiko terlihat terlalu rumit.

 “Kami tidak bisa hanya menggunakan 7 yang terlihat cantik, karena kami berusaha keras untuk desain yang menyenangkan secara estetika dan sejalan dengan konsep, sambil mengandalkan sudut yang agak berbeda dan kombinasi kurva dan garis lurus. Saya pikir menemukan keseimbangan adalah yang paling sulit," jelas A Ji Hye, yang juga mengatakan bahwa desain ini adalah yang paling simple yang pernah mereka kerjakan namun juga mengandung paling banyak cerita. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com