Rabu , 8 Juli 2020

Chart Lagu-lagu Indie Korea Akan Diluncurkan di Jepang untuk Pertama Kalinya

11 Juni 2020 06:03 WIB


Hyukoh, salah satu band Indie Korea. (Sumber gambar: Instagram @hyukohofficial).

Solotrust.com - Chart K-Indie yang merupakan satu-satunya chart musik indie di Korea akan diluncurkan di Jepang untuk pertama kalinya, demikian pernyataan distributor musik dan operator chart tersebut yakni Mirrorball Music (8/6/2020).

Chart K-Indie sendiri ada sejak tahun 2014 dan statistiknya didapat melalui data penjualan seperti dari Interpark dan Aladin.



Mirrorball telah menandatangani kesepakatan dengan Bside, label musik Korea yang memiliki cabang di Jepang. Bside telah secara aktif mempromosikan musik indie Korea di Jepang. Keduanya akan secara resmi memulai chart K-Indie versi Jepang.

"Kami ingin memperkenalkan musisi dari berbagai genre termasuk indie di Jepang, bukan hanya K-pop," kata Kim Seon Hee, presiden Bside.

K-indie sendiri mengacu pada lagu-lagu yang tidak melibatkan produser besar dan telah ada sejak lebih dari 20 tahun di Korea Selatan, dimana musik mainstream didominasi oleh idol dengan 'dance music'nya, hip hop dan R&B.

Genre indie ini berkembang di Hongdae, sebuah distrik budaya dan musik di Seoul, yang memiliki banyak bar kecil untuk pertunjukan live. Sejumlah band rock populer lahir dari sini seperti Crying Nut. Dalam dekade terakhir, band-band baru bermunculan dan banyak diminati bahkan di ranah global seperti Hyukoh. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com