Rabu , 25 November 2020

[Update Covid-19 Solo]: 5 Pasien Sembuh, 4 Masih Dirawat

18 Juni 2020 10:21 WIB


Ilustrasi (Dok. Istimewa)

SOLO, solotrust.com - Sebanyak lima pasien positif Covid-19 di Kota Solo akhirnya dinyatakan sembuh, Rabu (17/06/2020). Mereka pun langsung diantar pulang ke rumah masing-masing oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Kelima pasien sembuh adalah tiga orang asal Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, satu orang asal Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon yang selama ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno serta satu orang asal Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Surakarta.



“Dengan sembuhnya lima orang ini, maka sampai saat ini pasien positif Covid-19 asal Solo tinggal empat orang. Selama 12 hari terakhir ini kan memang tidak ada penambahan lagi,” jelas wali kota, saat ditemui di Balai Kota Solo.

Lebih lanjut, Rudy, sapaan akrab Wali Kota Solo berharap dalam tiga hari ke depan tidak ada lagi penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan begitu, setidaknya kurva Covid-19 di Kota Bengawan akan melandai hingga akhirnya nol kasus baru.

“Sekarang kan sudah 12 hari, nunggu dua hari lagi jadinya 14 hari, kalau bisa tidak ada penambahan kasus baru bisa dikatakan melandai. Harapannya di hari ke-15 atau hari pertama fase kedua juga tidak ada lagi penambahan, sehingga feeling (perasaan-red) saya kalau tiga hari ke depan tidak ada lagi penambahan, seterusnya juga tidak akan ada lagi. Namun, hal yang lebih penting angka meninggal dunianya stop (berhenti-red) di empat saja, jangan nambah lagi,” paparnya.

Disinggung apakah nantinya status kejadian luar biasa (KLB) akan dicabut jika dalam tiga hari ke depan tidak ada penambahan kasus baru, Rudy menegaskan status Kota Solo masih KLB Covid-19. Jika benar tidak ada penambahan kasus, maka yang ada hanyalah pelonggaran saja, seperti tempat karaoke boleh dibuka kembali, pembatasan jam buka, dan kelonggaran lainnya.

“Nah kalau sekolah, saya tetap masuk Desember sekalian biar dipastikan aman. Jangan sampai nanti buka Juli malah harus tutup lagi. Kalau soal anak-anak bosan, saya sudah siapkan beberapa solusi agar mereka tidak bosan selama sekolah di rumah,” ucapnya.

Sementara itu, data penanganan Covid-19 di Kota Solo hingga Rabu (17/06/2020) secara komulatif masih di angka 37 orang. Rinciannya empat orang masih dirawat, 29 orang sembuh, dan empat meninggal dunia.

Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) menjadi 233 orang, terdiri atas sebelas orang dirawat inap, 192 sembuh, dan 34 meninggal dunia. Adapun jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di angka 640 orang di mana dalam pemantauan 14 orang, sisanya selesai pemantauan. (awa)

(redaksi)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com