Jumat , 23 Oktober 2020

Gombloh, Sapi Kurban Presiden Joko Widodo Berbobot 1 Ton

24 Juli 2020 14:48 WIB


Rika Daru Efendi, warga Sedayu, Bantul bersama sapinya gombloh yang akan dibeli Presiden Jokowi untuk kurban.

 

BANTUL, solotrust.com- Presiden Joko Widodo membeli seekor sapi milik peternak asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sapi berumur 3,5 tahun berjenis metal dengan berat 940 kilogram ini akan dijadikan hewan kurban saat Idul Adha 1441 Hijriah. 



Sapi milik Rika Daru Efendi warga Sedayu Bantul ini terpilih dan dibeli Presiden Joko Widodo untuk dijadikan hewan kurban saat Idul Adha 1441 Hijriah.

Sebelum terpilih, sapi ini sempat mengikuti kontes untuk dijadikan kandidat sapi kurban Presiden Joko Widodo. Bersaing dengan empat sapi lainnya, akhirnya Gombloh pun terpilih. Gombloh pun akhirnya dibeli oleh Presiden Joko Widodo seharga Rp 87 juta.  

Rika Daru sendiri tak menyangka jika sapinya terpilih menjadi sapi kurban Presiden Joko Widodo. Sapi ini sendiri telah dirawatnya selama dua tahun dan setiap harinya diberi makan berupa ampas tahu, ketela, serta jerami kering. Dirinya pun merasa bangga sapinya dibeli orang nomor satu di Indonesia.

“Seleksi dari 5 ekor, yang lolos adalah si gombloh ini.” Ujar Rika, Jumat (24/7/2020).

Kepala Bidang Peternakan Dan Kesehatan Hewan Bantul, DIY, Joko Waluyo mengatakan, sapi ini telah menjalani cek kesehatan dan pemantauan sejak tiga bulan terakhir.  

“Untuk Kurban Pak Jokowi ini sapinya sehat, sudah kita awasi sejak tiga bulan yang lalu, sampai sekarang dokter hewan hampir tiap hari mantai ke sini.” Katanya.

Seperti Idul Adha tahun sebelumnya, sapi milik Presiden Joko Widodo nantinya akan diserahkan ke daerah yang ditunjuk oleh Pemda DIY guna dijadikan lokasi kurban. Daerah yang ditunjuk merupakan daerah yang masih berada di bawah garis kemiskinan. (adam)



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com