Rabu , 28 Oktober 2020

RM BTS Ungkap Alasan Mengapa Ia Selalu Belajar Bahasa Inggris

21 Agustus 2020 08:06 WIB


RM BTS (Dok. Big Hit Entertainment)

 

Solotrust.com- RM, leader BTS pernah mengungkap alasan mengapa ia selalu belajar Bahasa Inggris. Dalam sebuah video yang menyebar secara online, RM mengatakan pada salah seorang staf BTS bahwa ia merasa tidak bagus dalam berbahasa Inggris.



"Banyak orang mengira saya bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik kapan pun saya mau, tetapi bahasa Inggris saya sebenarnya buruk," ungkap RM.

Ia melanjutkan, "Jika saya tidak berbicara bahasa Inggris selama sebulan, saya kehilangan begitu banyak. Saya bahkan tidak bisa berbicara dengan Halsey dengan baik beberapa hari yang lalu. Saya benar-benar kesulitan."

Oleh karena itu, sebagai solusinya RM mengatakan harus selalu mempelajarinya. "Saya merasa Anda akan lupa suatu bahasa jika tidak sering menggunakannya, kecuali Anda pernah belajar atau tinggal di sana. Itulah mengapa saya harus terus mempelajarinya," katanya.

Bulan lalu, RM via Weverse menunjukkan bahwa ia kembali belajar untuk TOEIC (Test of English for International Communication) setelah 10 tahun. Ia mengunggah foto soal latihan TOEIC di sana.

RM memang dikenal dengan kemampuan Bahasa Inggrisnya. Dalam acara-acara BTS di luar Korea Selatan, selain sebagai juru bicara, RM juga berperan layaknya penerjemah yang menerjemahkan wawancara BTS dengan media luar negeri.

Dalam sebuah sesi Q&A yang dibuat RM melalui V live setelah menjelaskan cerita-cerita di balik lagu-lagu dalam album "Love Yourself: Answer", RM pernah berbagi seputar bagaimana ia mempelajari Bahasa Inggris.

 “Tidak ada cara yang tepat untuk belajar Bahasa Inggris. Namun, aku pikir cara yang paling cepat adalah dengan menghafalkan banyak kosakata, kemudian budaya dari bahasa itu. Kamu perlu banyak kosakata untuk bisa mengatakan apapun. Jadi menurutku adalah kosakata dan budaya,” kata RM.

RM dalam sebuah acara fanmeeting juga pernah ditanya pertanyaan yang sama oleh ARMY. RM pun menjawab bahwa salah satu metodenya dalam belajar Bahasa Inggris adalah dengan menulis kosakata dalam buku catatannya.

Caranya adalah buku tulis digaris tengah tiap lembarnya. Sebelah kiri ditulisi kosakata dalam Bahasa Inggris dan sebelah kanannya dalam Bahasa Korea. Di tiap lembar, ada sebanyak 50 kata. Ya, RM menghafalkan kata dengan menulisnya kembali seperti sebuah kamus.

Dalam acara Ellen Show, RM juga pernah mengungkapkan bahwa dia belajar Bahasa Inggris dari serial "Friends". Dia mengatakan bahwa ketika ia berusia 14 atau 15 tahun, di Korea Selatan kala itu ada sindrom dimana para orangtua mengharuskan anaknya untuk menonton "Friends".

Ibu RM kemudian membeli semua seri DVD "Friends" untuknya. RM yang awalnya menonton dengan subtitle Korea kemudian beralih ke subtitle Inggris, sampai akhirnya tidak menggunakan subtitle. Ia juga pernah mengatakan belajar Bahasa Inggris dari menonton drama ataupun film.

RM sendiri diketahui adalah siswa yang cerdas ketika masih bersekolah. Ia pernah masuk dalam 1 persen siswa paling pintar di Korea Selatan dalam ujian masuk univesitas untuk mata pelajaran matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Korea dan Ilmu Sosial. Ketika kelas 2 SMA, ia pernah mendapatkan skor 148 untuk tes IQ.

Karena menyukai rap, maka RM sejak kecil juga belajar Bahasa Inggris yang memang banyak digunakan untuk rap. Ia mempelajarinya secara otodidak. Pada kelas 2 SMP, dia bahkan bisa mendapatkan skor 850 dalam TOEIC hanya dengan belajar secara otodidak sehari-harinya.

Berkat kemampuannya dalam berbahasa Inggris, RM pun sebagai musisi kerap bekerjasama dengan musisi-musisi dari luar Korea Selatan, seperti kolaborasinya dengan rapper Warren G dan Wale dari Amerika Serikat. (Lin)



(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com