Rabu , 2 Desember 2020

KPU Simulasikan Pencoblosan di Tengah Pandemi Dengan Protokol Kesehatan

12 Oktober 2020 16:19 WIB


Pelaksana Harian (PH) Ketua KPU RI, Ilham Saputra.

TEMANGGUNG, solotrust.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Republik Indonesia menggelar simulasi pemilihan umum kepala daerah pada masa pandemi covid-19 di Lapangan Nambangan, Kelurahan Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Tengah, Sabtu (10/10/2020). Simulasi tersebut dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Para pemilih yang hendak menggunakan hak suaranya diharuskan untuk antre secara rapi dan menjaga jarak. Sebelum mendapatkan surat suara, warga juga diberikan sarung tangan oleh petugas PPS. Pun demikian, petugas PPS juga menerapkan protokol kesehatan.



Pihak KPU juga menyediakan bilik khusus yang dikelilingi dengan plastic. Bilik suara tersebut diperuntukkan bagi warga yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat celcius. Setiap TPS nantinya juga akan dilengkapi dengan baju hazmat untuk mengantisipasi adanya warga yang pingsan mendadak.

Pelaksana Harian (PH) Ketua KPU RI, Ilham Saputra mengatakan, simulasi digelar untuk menemukan formula yang tepat, yang nantinya akan digunakan dalam pelaksanaan pemungutan suara. Penerapan protokol kesehatan akan terus digunakan sejak pemungutan suara dibuka hingga proses penghitungan.

“Dari simulasi ini tidak bisa cepat, pertama kita batasi dengan physical distancing, kemudian yang kedua kita berikan sarung tangan, ini bagaimana kita mencari formulasi yang tepat agar proses berjalan dengan cepat.” Kata Ilham Saputra. (dn)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com