Kamis , 21 Januari 2021

Museum Keraton Surakarta Kembali Dibuka Dengan Protokol Kesehatan Ketat

09 November 2020 11:23 WIB


Pintu masuk Museum Keraton Surakarta.

SOLO - Wisata Museum Keraton Kasunanan Surakarta kembali dibuka Minggu (8/11/2020) pagi, setelah ditutup selama hampir 8 bulan karena covid-19. Ada sejumlah aturan baru diterapkan pengelola museum keraton, yang mengacu pada standar protokol kesehatan.

Sejumlah pembatasan dilakukan, terutama yang terkait dengan protokol kesehatan. Pengunjung wajib cuci tangan, serta memeriksa suhu tubuh sebelum masuk. Pintu masuk dan keluar pun dipisah agar tidak terjadi kerumunan.



salah satu pengunjung asal Jakarta, Maria Regina Natasya mengaku senang museum keraton dibuka kembali. Meski ada sejumlah peraturan baru, namun masih bisa diterima demi mencegah penyebaran covid-19.

“di depan sudah di sediakan kaya cuci tangan, pengukur suhu tubuh, jadi menurut saya sudah oke sih.” Tuturnya.  

Keraton kembali membuka museum setelah melalui sejumlah pertimbangan, diantaranya adalah kebutuhan untuk menghidupi abdi dalem. Selain itu keraton merasa covid-19 di Solo mulai terkendali. Walau begitu, pengelola museum sudah menyiapkan petugas yang terlatih dalam protokol kesehatan.

“Kita juga terapkan standar protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah covid19. Untuk pengunjung yang masuk dan keluar kita seting untuk tidak berpapasan, jadi kunjungan tetap kita layani namun dengan pembatasan-pembatasan yang kami berlakukan.” Jelas Kepala Museum Keraton Kasunanan KPA. Dany Nur Adiningrat. 

Sementara itu jam buka museum masih sama, yaitu pukul 09.00 WIB– 14.00 WIB setiap Senin hingga Jumat, sementara untuk Sabtu dan Minggu museum buka hingga pukul 16.00 WIB. (daw)  

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com