Kamis , 28 Januari 2021

BoA Rilis Film Dokumenter 202020, Peringati 20 Tahun Karir Musiknya

16 November 2020 14:12 WIB


BoA dalam film dokumenter "202020" (Dok. SM Entertainment)

Solotrust.com - BoA, artis solo dari SM Entertainment telah berkarir selama 20 tahun. Untuk memperingatinya, SM merilis sebuah film dokumenter musik bertajuk "202020 BoA" pada 12 November 2020.

"202020 BoA" turut diarahkan oleh Kwon Soonwook dan performance director Shim Jae Won, yang telah bersama BoA dalam karirnya sejak lama. Lee Sooman bertindak sebagai general producer, sementara Yoo Young Jin dan Kenzi sebagai produsernya.



"Sebagai artis BoA, saya telah membuat beberapa pilihan. Saya selalu melakukan yang terbaik dan tidak menyesal. Ini momen paling membanggakan dan paling membahagiakan yang pernah saya alami di atas panggung. Saya bermimpi. Saya ingin berdiri di atas panggung untuk waktu yang lama dengan penampilan yang luar biasa," kata BoA dalam wawancaranya terkait film ini, sebagaimana dikabarkan SM via siaran persnya.

Selain itu, Lee Sooman yang menemukan dan memproduksi BoA berkata, "BoA adalah seorang jenius. Ia adalah anak yang berbakat dan antusias. BoA adalah orang yang semakin penting. Ia akan muncul. Ia akan dicatat dalam sejarah karena merupakan orang pertama yang memoles jalan yang harus diambil Korea."

Untuk merayakan tahun ke-20 dalam karirnya ini, BoA juga akan merilis album studio bertajuk "Better" pada 1 Desember mendatang. Akan ada 11 lagu dalam album tersebut.

BoA debut pada tahun 2000. Wanita yang kini berusia 34 tahun ini adalah salah satu artis K-Pop pertama yang menjadi terkenal di luar negeri dan sering disebut berperan besar dalam membantu dikenalnya "hallyu" atau budaya populer Korea.

Penyanyi sekaligus pencipta lagu, produser dan aktris ini dikenal sebagai salah satu artis paling sukses dan berpengaruh di Korea Selatan dan sering disebut Queen of K-Pop. Ia terkenal dengan sejumlah hit seperti "Listen To My Heart", "Valenti", "My Name", dan "Only One".

BoA adalah penyanyi Korea pertama yang memuncaki chart terbesar di Jepang, Oricon dengan album studio pertamanya "Listen to My Heart" pada tahun 2002.

Tak hanya film dan album, SM juga membuat proyek "Our Beloved BoA", yang ditandai dengan dirilisnya sejumlah lagu BoA yang diremake dan dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi lain seperti Gallant, penyanyi Amerika Serikat yang masuk nominasi Grammy. Ia  membawakan remake Bahasa Inggris dari hit "Only One" milik BoA.

Dari SM sendiri Baekhyun EXO membawakan remake hit "Garden In The Air" dan Red Velvet membawakan hit "Milky Way". Sementara artis Korea dari agensi lain yakni Ahn Ji Young dari Bolbbalgan4 (BOL4) membawakan remake "Atlantis Princess". (Lin)

()

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com