Selasa , 11 Mei 2021

Manga One Piece Telah Beredar Lebih Dari 480 Juta Kopi di Seluruh Dunia

7 Februari 2021 10:00 WIB


One Piece (Credit: Eiichiro Oda, sumber gambar: mangaplus.shueisha.co.jp)

Solotrust.com - Manga "One Piece" telah beredar lebih dari 480 juta kopi di seluruh dunia. Sebagaimana dikabarkan Anime News Network dari Comic Natalie (4/2/2021), Shueisha pada hari itu mengumumkan bahwa manga karya Eiichiro Oda itu telah beredar hingga 400 juta kopi di Jepang, dan lebih dari 80 juta kopi di lebih dari 42 negara dan wilayah di luar Jepang.

"One Piece" adalah salah satu manga yang sangat sukses di dunia internasional. Manga itu bahkan pernah menerima Guiness World Record untuk kategori jumlah komik terbanyak yang diterbitkan oleh satu pengarang, yakni pada tahun 2015. Kala itu One Piece telah terjual sebanyak 320 juta kopi di seluruh dunia.



Pada tahun 2018, manga yang menceritakan petualangan Luffy dan kru bajak lautnya itu telah terjual lebih dari 440 juta kopi di seluruh dunia.

Eiichiro Oda pun menjadi salah satu penulis fiksi dengan penjualan tertinggi sepanjang masa, bersama nama-nama besar seperti Dr Seuss, J.K Rowling, Danielle Steel, dan William Shakespeare.

Ketika Oda masih SMA, dia adalah runner-up untuk Penghargaan Tezuka untuk pencipta baru dari majalah Weekly Shonen Jump Shueisha pada tahun 1992.

One Piece sendiri pertama kali terbit sebagai manga dalam Weekly Shonen Jump pada tahun 1997.  Manga tersebut kemudian diadaptasi dalam bentuk anime oleh Toei Animation yang mulai tayang pada tahun 1999 di Jepang.

One Piece menceritakan petualangan sekelompok bajak laut yang dipimpin Luffy. Ia dan krunya yang bernama Bajak Laut Topi Jerami (Straw Hat Pirates) menjelajahi lautan untuk  mencari harta karun bernama ‘One Piece’.

Luffy yang bercita-cita menjadi raja bajak laut menjadi manusia karet yang punya kekuatan untuk memanjangkan tubuhnya karena tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu buah iblis. Dalam perjalanannya, Luffy banyak bertemu dengan teman-teman baru dan juga musuh yang beragam.

Dalam sebuah wawancara pada 2018, sebagaimana dikabarkan Comic Book, Eiichiro Oda mengungkapkan bahwa manga tersebut sudah mencapai 80% sebelum akhirnya selesai. Sebelumnya, Oda juga pernah mengatakan bahwa manga tersebut telah mencapai 60% pada tahun 2012 dan 65% di tahun 2016. Pada tahun 2019, Oda mengungkap dalam  wawancara lain bahwa ia berencana mengakhiri cerita itu dalam lima tahun. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com