Hard News

809 Calhaj Karanganyar Ikuti Pengajian Akbar Mangayubagyo Keberangkatan Calon Jemaah Haji

Jateng & DIY

29 Mei 2023 14:38 WIB

Acara Pengajian Akbar Mangayubagyo Keberangkatan Calon Jemaah Haji Kabupaten Karanganyar Tahun 1444 H/2023 di lapangan parkir PKU Muhammadiyah Karanganyar, Minggu (28/05/2023) malam.

KARANGANYAR, solotrust.com - Ribuan warga Muhammadiyah menghadiri Pengajian Akbar Mangayubagyo Keberangkatan Calon Jemaah Haji Kabupaten Karanganyar Tahun 1444 H/2023. Acara digelar di lapangan parkir PKU Muhammadiyah Karanganyar, Minggu (28/05/2023) malam.

Mereka berbaur bersama 809 calon jemaah haji (Calhaj). Pengajian akbar dihadiri Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat yang juga Ketua Majelis Pemberdayaan Wakaf Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Amirsyah Tambunan.



Dalam kesempatan itu, Amirsyah Tambunan menyampaikan pihaknya meminta seluruh calon jemaah haji asal Kabupaten Karanganyar yang akan menunaikan ibadah haji untuk lebih fokus beribadah dan melupakan segala politik praktis.

“Calon jemaah haji agar melupakan hiruk pikuk kehidupan atau soal politik praktis. Fokus beribadah di Tanah Suci dan yang terpenting jaga kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, sekjen MUI berpesan kepada seluruh calon jemaah haji untuk senantiasa memantapkan niat berhaji hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala dan bukan untuk tujuan lain. Pihaknya juga menyinggung soal kenaikan biaya perjalanan ibadah haji ditetapkan pemerintah tahun ini. Menurutnya, kenaikan biaya perjalanan ibadah haji tidak bisa dihindari.

"Merasionalisasi biaya haji diperlukan untuk jangka panjang, namun tentunya rasionalisasi biaya haji ini harus diimbangi dengan pelayanan bagi para tamu Allah ini menjadi lebih baik," kata Amirsyah Tambunan.

Pelayanan terutama diberikan kepada jemaah haji lanjut usia (Lansia) Para jemaah haji ini diberangkatkan setelah masa pendemi Covid-19  berakhir. Pihaknya telah meminta pemerintah agar jemaah haji lanjut usia diberi pelayanan khusus dan pendampingan.

"Syukurlah masukan dan usulan kami diterima pemerintah. Jemaah usia lanjut diberikan pendampingan terhadap para jemaah haji lansia ini," paparnya.

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar, Muhammad Syamsuri, mengungkapkan acara ini merupakan agenda tahunan dari PKU Muhammadiyah Karanganyar untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat, ssekaligus mangayubagyo keberangkatan calon jemaah haji asal Kabupaten Karanganyar.

"Kita berharap untuk PKU Muhammadiyah tolong didoakan supaya dapat berbuat lebih banyak untuk kepentingan umat kita bersama," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono yang juga hadir dalam acara itu mengatakan ada 809 calon jemaah haji Karanganyar yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Jemaah haji ini terbagi menjadi tiga kelompok terbang, yakni kloter 57, 58, dan 59.

"Kita sebagai pemerintah kabupaten turut bangga berkenaan dengan tradisi setiap tahunnya yang diselenggarakan keluarga besar Muhammadiyah, Mangayubagyo Keberangkatan Calon Jemaah Haji di Karanganyar," kata bupati.

Pihaknya berharap acara mangayubagyo keberangkatan calon jemaah haji ini bisa menginspirasi warga Karanganyar bisa menunaikan ibadah haji. (joe)

(and_)

Berita Terkait

Berita Lainnya