Hard News

Presiden Minta Penanganan Korban Bencana NTT Dan NTB Cepat

Nasional

5 April 2021 11:57 WIB

Presiden Jokowi memberikan keterangan mengenai bencana NTT dan NTB. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Kabinet RI)

JAKARTA, solotrust.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mendapat laporan mengenai bencana longsor dan banjir bandang yang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Provinsi Nusa Tengara Timur (NTT). Dalam video yang diunggah akun Youtube resmi Sekertariat Kabinet RI, Presiden Jokowi menyampaikan duka cita pada korban bencana.

“Pertama-tama atas nama pribadi dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban meninggal dunia atas musibah tersebut dan saya juga memahami kesedihan yang dialami sodara-sodara kita akibat dampak yang ditimbulkan dari bencana ini.” ujar Presiden.



Terkait penanganan bencana, Presiden telah memerintahkan sejumlah pejabat terkait untuk mempercepat penanganan baik evakuasi korban maupun penyaluran bantuan logistik.

“Saya telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Meneteri Kesehatan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Panglima TNI dan Kapolri untuk melakukan secara cepat evakuasi dan penanganan korban bencana serta penanganan dampak bencana. Saya minta agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat dan baik seperti bantuan pelayanan kesehatan ketersediaan logistik dan kebutuhan dasar bagi para pengungsi serta perbaikan infrastruktur.” lanjut Presiden Joko Widodo

Presiden juga menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dari bencana karena peningkatan curah hujan yang signifikan. Masyarakat juga diminta untuk mengikuti arahan aparat yang berwenang serta memperhatikan peringatan dini dari BMKG.

(zend)