Hard News

Cegah Penyebaran Covid-19 Meluas, Satgas Perpanjang Lockdown Di Sumber

Jateng & DIY

19 Mei 2021 16:36 WIB

ilustrasi lockdown. (Foto: Shutterstock)

SOLO, Solotrust.com- Satgas Covid-19 Solo memutuskan untuk memperpanjang karantina wilayah (lockdown) di kawasan Sumber, Banjarsari, Solo hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi ekor kasus klaster buka bersama di wilayah tersebut memanjang.

Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Solo, Ahyani mengatakan, sebanyak 41 orang dalam satu RW di Kelurahan Sumber diketahui terpapar covid-19 setelah mengikuti kegiatan buka bersama tanggal 4 Mei 2021 lalu. Jumlah tersebut berawal dari satu warganya yang sakit dan saat dites swab, dinyatakan positif covid-19.



"Diketahuinya positif pertama kali tanggal 6 Mei 2021. Lalu dilakukan tracing-tracing terus pada ekor kasus, didapati sampai hari ini (Rabu) total 41 orang yang positif. Hari ini juga kemudian dilakukan tes swab pada 71 orang lainnya sebagai kontak erat pasien tersebut," urainya, Rabu (19/5/2021).

Ahyani mengakui, ekor klaster bukber ini dimungkinkan masih akan terus memanjang karena lokasi pemukiman yang berdekatan satu sama lain. Bahkan beberapa rumah di kawasan tersebut diketahui menggunakan MCK komunal.

"Ya dampaknya kalau klaster dengan pemukiman padat biasanya seperti itu. Ekornya terus memanjang. Makanya lockdown diperpanjang sampai kasusnya selesai," imbuhnya.

Ahyani menjelaskan, mayoritas pasien positif dari klaster bukber tersebut tanpa gejala. Untuk itu, pasien dikirim ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali untuk dikarantina. Sedangkan empat orang diantaranya dirawat di RS.

"Sementara ini informasi yang isolasi mandiri di rumah satu orang karena usianya di bawah 14 tahun. Dan ini menjadi peringatan kita semua ya. Kita akan lebih mengetatkan peraturan lagi. Pengetatan kegiatan masyarakat yang berpotensi kerumunan," tukasnya. (awa)

()