Hard News

RSUD Karanganyar Siapkan Instalasi Terpusat Oksigen Cair

Jateng & DIY

28 Juli 2021 11:28 WIB

KARANGANYAR, solotrust.com- RSUD Karanganyar mulai menggunakan instalasi terpusat oksigen medis untuk menyuplai kebutuhan urgen itu ke bangsal perawatan. 

Dirut  RSUD Karanganyar Iwan Setiawan Adji mengatakan, pihaknya memasang sentra oksigen cair sebanyak dua tangki, Masing-masing tangki berkapasitas 6 ton. Banyaknya konsumsi oksigen di dua tangki itu tergantung kondisi pasien yang membutuhkannya.



Dengan memakai instalasi terpusat ke bangsal ini RSUD tidak perlu repot gonta ganti tabung. Diprediksi untuk instalasi akan siap pekan depan. Satu tangki mengampu bangsal di sisi utara sedangkan satu tangki menyuplai oksigen di bangsal selatan.

“Kemarin kita pakai oksigen tabung, ternyata berhubungan sekali dengan pihak ke tiga dan sering kali terbatas jumlahnya, kemudian kita inisiatf untuk punya oksigen liquid dimana bisa memenuhi oksigen untuk jangka waktu tertentu.” Jelasnya, Selasa (27/7/2021).

Sementara itu penyediaan instalasi oksigen terpusat RSUD Karanganyar diapresiasi oleh Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjaunya. Gubernur memberikan apreasiasi terhadap RSUD dengan dibuatnya instalasi terpusat untuk oksigen.  Ganjar meminta pihak RSUD aktif berkoordinasi dengan Pemprov Jateng terkait kebutuhan medis di luar kemampuan mandiri.

“Ini bagian dari persiapan rumah sakit untuk bergerak cepat.” Ungkap Gubernur. (joe)

(wd)